Punya Nilai Ekonomis yang Sangat Tinggi, Gubernur Edy Ajak Warga Tanam Macadamia

Tanaman Macadamia memiliki sifat yang tahan api. Cocok ditanam di daerah tangkapan air, seperti kawasan Danau Toba yang rawan kebakaran.

Punya Nilai Ekonomis yang Sangat Tinggi, Gubernur Edy Ajak Warga Tanam Macadamia
TRIBUN MEDAN/Satia
Punya Nilai Ekonomis yang Sangat Tinggi, Gubernur Edy Ajak Warga Tanam Macadamia. Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi melakukan penanaman perdana pohon Macadamia di fasilitas Persemaian Permanen Produksi dan Pengembangan Macadamia, Desa Hutaginjang, Tapanuli Utara. 

Punya Nilai Ekonomis yang Sangat Tinggi, Gubernur Edy Ajak Warga Tanam Macadamia

TRIBUN MEDAN, com-Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi berkomitmen mengembangkan tanaman Macadamia di daerah ini.

Selain untuk merehabilitasi hutan dan menghijaukan lahan kritis, Kacang Macadamia juga bernilai ekonomi tinggi, yang diyakini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sumut, Sabtu (29/6/2019).

Tanaman Macadamia memiliki sifat yang tahan api. Cocok ditanam di daerah tangkapan air, seperti kawasan Danau Toba yang rawan kebakaran.

Macadamia juga mampu tumbuh di lahan kering, cocok dijadikan sebagai tanaman yang mampu menghijaukan kembali lahan yang sudah kritis. Apalagi, Sumut memiliki lahan kritis seluas 1,3 juta hektare.

 Macadamia juga memiliki fungsi ekonomi yang sangat menguntungkan. Harga jual Kacang Macadamia yang dapat dikonsumsi itu juga sangat tinggi, yakni mencapai Rp300.000 - Rp500.000/kg.

Baca: Digo, Duma dan Dupa Dilatih untuk Bertahan Hidup di Hutan Sebelum Dilepasliarkan

Baca: MAKNA Gestur dan Bahasa Tubuh Prabowo saat Pidato Terima Keputusan MK: Di Bawah Tekanan

Baca: Modal Akun Facebook Palsu, Tentara Gadungan Tiduri 16 Wanita Bersuami Lalu Gasak Hartanya

Macadamia mulai dapat dipanen pada umur tanaman 5 tahun. Buah macadamia dipanen setelah jatuh sendiri dari pohonnya. Produksi rata-rata satu pohon sebanyak 12-25 kg/tahun.

 Komitmen pengembangan tanaman Macadamia itu ditegaskan Edy Rahmayadi pada acara Pencanangan Pengembangan Tanaman Macadamia Untuk Rehabilitasi Hutan dan Lahan di Fasilitas Persemaian Permanen, Produksi dan Pengembangan Macadamia, Desa Hutaginjang, Tapanuli Utara.

 Edy Rahmayadi mengatakan akan bekerja sebaik-baiknya untuk bersama-sama dengan kepala daerah kabupaten/kota dalam mengembangkan Macadamia di daerah ini.

"Ini saya apresiasi, saya mendapatkan dukungan dan motivasi dengan program ini, ini sesuai dengan membangun desa menata kota," ujar Gubernur.

Baca: Binjai Juara Umum Cabor Atletik Porprov Sumut 2019, Fatimah Kaget bisa Rebut Medali Emas

Baca: Ayah dan Ibu Panik karena Sang Anak Terjebak dalam Mesin Cuci setelah Bermain di Dalamnya

Baca: Bak Dumb Truk Sangkut di Flayover Akibatnya Kepala Truk Nyungsep di Jalan

Halaman
123
Penulis: Satia
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved