Wagub Ijeck Minta KONI Dongkrak Prestasi Cabang Olahraga yang Tertinggal

Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis menilai Porprovsu tahun 2019 lebih baik dari sebelumnya, khususnya dari aspek persaingan.

Wagub Ijeck Minta KONI Dongkrak Prestasi Cabang Olahraga yang Tertinggal
Tribun Medan/Chandra Simarmata
Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah saat menghadiri penutupan Porprovsu 2019 di lapangan Astaka Pemprovsu Jalan pancing Medan, Sabtu (29/6/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com - Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah menginginkan Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Utara (Porprovsu) mempertandingkan lebih banyak cabang olahraga agar Sumut memiliki pemerataan atlet hebat di semua cabang.

Selain persiapan menjadi tuan rumah PON yang baik dengan menyediakan sarana olahraga bertaraf internasional, Ijeck berharap proses pembinaan atlet potensial di setiap cabor harus dilakukan sejak dini.

“Sampai dengan sekarang ini KONI sendiri tidak ada memfavoritkan satu cabang ya! Artinya semua cabang kami tetap optimistis bisa menjuarai di kelasnya masing–masing. Mudah–mudahan cabor lain yang tertinggal itu yang mau didorong untuk dikembangkan supaya berprestasi di kancah nasional,” kata Ijeck saat penutupan Porprov Sumut 2019 di lapangan Astaka, Sabtu (29/6/2019).

Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis menilai Porprovsu tahun 2019 lebih baik dari sebelumnya, khususnya dari aspek persaingan untuk di sejumlah cabang olahraga.

Jika sebelumnya kontingen Medan hampir mendominasi di semua cabor, namun tahun ini sudah terlihat adanya pergeseran kekuatan. Termasuk persaingan di klasemen perolehan medali salip menyalip perebutan posisi dua hingga sepuluh besar hingga hari terakhir Porprovsu terjadi.

“Yang pasti kalau kita lihat Porprovsu kali ini jauh lebih baik prestasi atletnya. Dari ranking dua sampai sepuluh itu ada pemerataan. Kita lihat Deliserdang posisi dua, Karo ketiga, Binjai empat dan Tebingtinggi posisi ke lima. Ini kan daerah penyanggah Kota Medan. Saya yakin ini suatu prestasi, karena wilayah seputaran Kota Medan sudah bangkit kekuatannya,” jelasnya.

Sementara tampil sebagai runner up di ajang Porprovsu 2019 adalah Kabupaten Deliserdang dengan mengumpulkan 26 emas, 22 perak, 40 perunggu.

Sementara Kabupaten Karo yang pada Porprovsu tahun 2014 adalah runner up, namun tahun ini harus turun ke peringkat tiga dengan 25 emas, 25 perak, 28 perunggu.

Posisi keempat Binjai dengan 20 emas, 16 perak, 28 perunggu, serta Tebingtinggi melengkapi posisi lima besar Porprovsu dengan torehan 19 emas, 11 perak, dan 13 perunggu.

(cr11/tribun-medan.com)

Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved