Ibu Rumah Tangga Ini Jual Ratusan Box Kebab Beku per Hari

Empat tahun terakhir, Putri membangun bisnis kebab beku Luvmy_kebab yang dimulai dari nol.

Ibu Rumah Tangga Ini Jual Ratusan Box Kebab Beku per Hari
TRIBUN MEDAN/SEPTRIANA AYU SIMANJORANG
Ledianry Putri saat menunjukkan kebab buatannya Luvmy_kebab. Ibu rumah tangga ini kini mendistribusikan Rp 150 hingga 200 kotak kebab dalam sehari ke seluruh Kota Medan hingga ke Aceh, Senin (1/7/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com - Tidak mudah menjadi ibu rumah tangga yang membangun sebuah bisnis. Namun Ledianry Putri membuktikan dirinya. Empat tahun terakhir, Putri membangun bisnis kebab beku Luvmy_kebab yang dimulai dari nol.

Ia belajar membuat kebab secara otodidak. Putri juga mengolah kebab buatannya tanpa tambahan penyedap rasa ataupun pengawet.

"Awalnya karena sering masak untuk anak-anak juga dan untuk makan sendiri saya enggak tambahkan MSG karena tanpa MSG juga sudah enak," jelasnya.

Dari sana ternyata banyak teman-temannya yang tertarik dengan kebab buatan Putri. Terlebih awal dia memulai bisnis, kebab beku belum terlalu banyak di pasaran.

"Dulu awal-awal banyak yang jual kebab. Tapi kebab beku kan jarang. Makanya ibu-ibu juga tertarik karena bisa untuk sarapan anaknya sekolah," jelasnya.

Ini bukanlah bisnis pertamanya. Putri sebelumnya sudah terjun dalam penjualan makanan street food. Namun menurutnya hasilnya tidak sebaik kebab beku ini.

Bermodal awal Rp 10 juta, kini Putri bisa mendistribusikan Rp 150 hingga 200 kotak kebab dalam sehari ke seluruh Kota Medan hingga ke Aceh.

Satu kotak kebab Putri berisi lima buah kebab beku. Selama dalam keadaan beku, kebab ini bisa bertahan hingga tiga minggu.

"Makanya kalau pengiriman apalagi seperti ke Aceh kita masukkan ke dalam styrofoam," ujarnya.

Kini Putri sudah memiliki empat orang karyawan untuk membantu pembuatan kebabnya. Putri mengaku memiliki banyak teman menjadi salah satu asetnya dalam membangun bisnis ini. Kebab buatannya juga banyak dipasarkan oleh teman-temannya.

Selain itu menurutnya dengan banyaknya platform yang bisa dimanfaatkan untuk berjualan secara online juga menjadi keuntungan untuk membangun usaha saat ini.

"Karena bisa jualan online pasar kita juga bisa jadi lebih luas sekarang. Karena sebelumnya saya juga sudah ada latar belakang berjualan online jadi lebih mudahlah," pungkasnya.

Kebab beku buatannya ini dipasarkan dengan harga Rp 35 ribu. Konsumen hanya perlu memanaskan saja ketika ingin mengkonsumsi kebab ini.

(cr18/tribun-medan.com)

Penulis: Septrina Ayu Simanjorang
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved