Tribun Wiki

Masjid Agung Binjai, Persinggahan Musafir Aceh-Sumut

Masjid Agung Binjai dibangun dengan ciri khas budaya Melayu dan Arab. Konsep itu terlihat dari kubah serta dari tiang-tiang pondasi masjid.

Masjid Agung Binjai, Persinggahan Musafir Aceh-Sumut
Tribun Medan/Aqmarul Akhyar
Masjid Agung Binjai 

TRIBUN-MEDAN.com-Masjid Agung Kota Binjai merupakan satu di antara beberapa ikon Kota Binjai. Masjid ini terletak di Jalan, Soekarno- Hatta, Timbang Langkat, Binjai Timur, Kota Binjai, Sumatera Utara.

Masjid Agung Binjai juga tempat persinggahan para musafir untuk melakukan ibadah. Karena, masjid ini tempatnya sangat strategis, dekat dengan jalan lintas Medan-Aceh.

Masjid Agung Binjai dibangun dengan ciri khas budaya Melayu dan Arab. Konsep itu terlihat dari kubah serta dari tiang-tiang pondasi masjid, begitu juga dengan pintu masuk ke dalam Masjid Agung Binjai.

Di samping, bangunan yang megah dengan luas tanah Masjid tersebut 74 x 73, terdapat tempat parkiran kendaraan yang terelak di sisi kanan, kiri serta depan masjid.

Masjid Agung Binjai mengalami renovasi 2017 sampai saat ini, tahun 2019. Untuk berdirinya Masjid Agung di Kota Binjai kurang lebih semenjak tahun 1965-1966, yang diresmikan oleh Walikota Binjai saat itu, Kaharuddin Nasution.

Namun, sangat jauh berbeda dengan Masjid Agung Binjai pada saat itu dengan sekarang. Masjid Agung sekarang tambah luas dan megah, yang bisa menampung 4.000 orang jamaah untuk beribadah.

Selanjutnya, apabila kita ke dalam Masjid Agung Binjai terdapat tulisan taligrafi yang menghiasi dinding Masjid Agung Binjai. Begitu juga, di dalamnya terdapat karpet dari Turki serta mimbar jepara buatan pulau Jawa.

Untuk kegiatan Masjid Agung Binjai, setiap hari Minggu secara rutin ba'da juhur dilakukan pengajian. Kegiatan ini juga terbuka untuk umum, tak harus orang setempat saja tetapi pendatang juga bisa.

Jamaah salat sunah di Masjid Agung Binjai yang terletak di Jalan, Soekarno- Hatta, Timbang Langkat, Binjai Timur, Kota Binjai, Sumatera Utara, hari Senin (1/7/2019)
Jamaah salat sunah di Masjid Agung Binjai yang terletak di Jalan, Soekarno- Hatta, Timbang Langkat, Binjai Timur, Kota Binjai, Sumatera Utara, hari Senin (1/7/2019) (Tribun Medan/Aqmarul Akhyar)

Kalau, untuk anak remaja kegiatan pengajian dilakukan pada hari minggu dengan jadwal ba'da Juhur. Kemudian bagi anda yang mengunjungi Masjid tersebut. Anda bisa berbelanja di stand-stand yang buka di pelataran Masjid tersebut.

Stand-stand tersebut menjual pakaian busana Muslim serta makanan dan minuman khas arab. Di Masjid tersebut terdapat 13 stand pedagang atas subangsi dari Bank BRI. Dari 13 stan tersebut, hanya 10 stand yang beroperasional dari pukul 08.00 WIB sampai 22.00 WIB.

Selanjutnya untuk waktu Masjid dibuka dari subuh pukul 04.00 WiB sampai pukul 22.00 WIB. Kemudian, pada saat Bulan Ramadan Masjid Agung ini menyelenggarakan aktifitas berbuka puasa bersama kepada siapapun umat Muslim yang berpuasa.

Untuk minum dan makananya pada Bulan Ramadan, Masjid Agung Binjai menyediakan 300 sampai 500 porsi. Akan tetapi dalam kurun waktu tiga tahun belakangan ini, Bakso Mataram menjadi menu buka puasa Masjid Agung Binjai. (cr22/tribun-medan.com)

Penulis: Aqmarul Akhyar
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved