TPA Sampah di Hutan Samosir Ancam Sumber Air Bersih

"Kami keberatan lokasi ini dijadikan tempat pembuangan sampah. Sudah lama berlangsung," ujar Situmorang.

TPA Sampah di Hutan Samosir Ancam Sumber Air Bersih
Tribun Medan/Arjuna Bakkara
Sampah-sampah menumpuk di hutan pebukitan Samosir, Kecamatan Simanindo, Senin (1/7/2019). Warga meresahkan keberadaan sampah-sampah tersebut karena takut terpapar zat berbahaya. 

TRIBUN-MEDAN.com-Sampah-sampah menumpuk di hutan pebukitan Samosir, Kecamatan Simanindo, Senin (1/7/2019).

Porsan Situmorang (38), warga Tanjungan mengaku keberatan wilayah tersebut dijadikan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah.

"Kami keberatan lokasi ini dijadikan tempat pembuangan sampah. Sudah lama berlangsung," ujarnya.

Katanya, setiap hari mobil dump truk kebersihan milik Pemkab Samosir mengantar sampah dari berbagai kecamatan ke lokasi. Sampah-sampah beragam jenis ditumpuk di tengah hutan tersebut.

Sampah-sampah yang diangkut ke lokasi belum ada diolah berdasarkan jenis dan limbahnya. Sampah dominan plastik tersebut dibakar hingga mengepulkan asap di tengah hutan.

Padahal, kata Porsan lokasi itu merupakan daerah penyangga air bersih. Porsan khawatir, lama-lama air terpapar zat berbahaya.

"Banyak orang yang ketergantungan air dari sini, tetapi kami takut lama-lama air ini terpapar zat yang tidak baik akibat sampah," tambahnya.

Dia berharap, Pemerintah Kabupaten Samosir melalui OPD terkait dapat mempertimbangkan pembuangan sampah ke lokasi ini. Aktivitas pembuangan sampah ke tempat ini katanya sudah berlangsung bertahun-tahun.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Samosir, Sudion Tamba tidak dapat memberikan alasan soal dijadikannya tempat itu sebagai TPA Sampah. Termasuk Sekda Samosir, Jabiar Sagal pun belum mau berkomentar dalam hal ini. (jun/tribun-medan.com)

Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved