Harga Cabai di Medan Belum Stabil, Pemerintah Harus Turun ke Lapangan

Dari pantauan Tribun Medan, harga cabai merah di Pasar Sore, Padangbulan Medan, Selasa (2/7/2019) mencapai Rp 60 ribu per kilogram.

Harga Cabai di Medan Belum Stabil, Pemerintah Harus Turun ke Lapangan
Tribun Medan/Septrina Ayu Simanjorang
Sempat turun di harga Rp 60 ribu, cabai merah kembali lagi mengalami kenaikan harga. Dari pantauan Tribun Medan di Pasar Kenanga, Sabtu (15/6/2019) cabai merah dipasarkan di harga Rp 80 ribu per kilo. 

TRIBUN-MEDAN.com-Hingga saat ini harga komoditas bahan makanan masih mahal, termasuk cabai merah.

Dari pantauan Tribun Medan, harga cabai merah di Pasar Sore, Padangbulan Medan, Selasa (2/7/2019) mencapai Rp 60 ribu per kilogram.

Seorang pedagang sayuran, Rani mengatakan harga cabai memang masih mahal hingga saat ini. Kenaikan harga cabai ini juga tentunya membuat pembelinya berkurang.

"Kalau harganya terus mahal begini, pembelinya juga pasti berkuranglah. Semoga nanti bisa turunlah harga cabai ini," ujarnya.

Seorang penjual sayuran lainya, Leli mengatakan harga cabai memang belum stabil semenjak lebaran lalu.

"Kebanyakan orang beralih ke cabai hijau karena harganya lebih murah, Rp 40 ribu perkilogram. Lebih murah pun dibilang, tetap mahal hitungannya itu," ujarnya. 

Harga cabai yang mahal ini menjadi salah satu penyebab laju realisasi inflasi sebesar 1,63 persen di bulan Juni.

Pengamat ekonomi Sumatera Utara, Gunawan Benjamin mengatakan selama tahun berjalan 2019, harga cabai yang meroket dari kisaran Rp 15 ribu per kilogram menjadi Rp 80 ribuan perkilogram nya.

"Ini telah mengerek laju inflasi lebih dari 3 persen. Sejarah berulang kembali, dimana laju tekanan inflasi karena cabai membuat Sumut paling buruk kinerjanya dalam mengendalikan harga dan memperburuk daya beli masyarakat," ujarnya.

Diakuinya cabai adalah komoditas yang sulit sekali dikendalikan harganya dan masalah kenaikan harga selalu dikarenakan gangguan persediaan dimana faktor utama penyebabnya adalah di tingkat petani.

Halaman
12
Penulis: Septrina Ayu Simanjorang
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved