Tribun Wiki

Pasar Hindu Medan, Pasar Tradisional Terkecil di Kota Medan

Pasar Hindu terdiri dari kurang lebih 80 lapak pedagang yang berjualan, sayur mayur dan berjenis ikan serta daging kemudian buah-buahan.

Pasar Hindu Medan, Pasar Tradisional Terkecil di Kota Medan
Tribun Medan/Aqmarul Akhyar
Kawasan Pasar Hindu di Jalan Hindu Kota Medan, Selasa (2/7/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com-Pasar Hindu Kota Medan terletak di Jalan Hindu, dan berdekatan dengan daerah Kesawan dan Lapangan Merdeka. 

Pasar Hindu diperkirakan sudah berdiri 50 tahun yang lalu. Pasar ini setiap harinya beroperasi setiap pukul 06.00 WIB sampai pukul 10.00 WIB.

Pasar ini diberi nama Pasar Hindu karena terletak di Jalan Hindu, Kota Medan, tempat banyak bermukim warga beragama Hindu. 

Bukan hanya Jalan Hindu, kaum ini juga menempati Jalan Perdana sampai ke Jalan Jendral Ahmad Yani VII.

Pasar Hindu terdiri dari kurang lebih 80 lapak pedagang yang berjualan, sayur mayur dan berjenis ikan serta daging kemudian buah-buahan.

Di Pasar Hindu ini pedagangnya kebanyakan warga keturunan Tionghoa dan suku Batak. Pasar Hindu juga merupakan pasar tradisional terkecil yang ada di Kota Medan.

Panjang pasar ini jika diukur dari lapak pertama sampai lapak terakhir kurang lebih 50 meter saja.

Kemudian, di sekitar Pasar Hindu pengunjung juga bisa merasakan aneka kopi khas racikan Tionghoa. Salah satunya Kedai Kopi Apek yang terkenal akan kopi susunya.

Kedai kopi ini tidak hanya tempat kongkow para pebisnis etnis Tionghoa, namun juga masyarakat dari berbagai etnis kerap ngopi di sini. Kedai kopi ini telah berdiri sejak 1923.

Selanjutnya, di dekat Pasar Hindu juga terdapat sejumlah bangunan tua peninggalan kolonial. Beberapa di antaranya dibiarkan terbengkalai, salah satu bangunan Waren Huis yakni supermarket pertama di Medan yang berdiri pada 1919. (cr22/tribun-medan.com)

Penulis: Aqmarul Akhyar
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved