Pemagangan Dalam Negeri Sumatera Utara Resmi Dibuka, Diikuti 300 Peserta

Pelaksanaan Pemagangan dalam Negeri Sumatera Utara (Sumut) diikuti 300 peserta bertempat di PT Innovam Indonesia Global

Pemagangan Dalam Negeri Sumatera Utara Resmi Dibuka, Diikuti 300 Peserta
Tribun Medan/Natalin
Penyematan tanda pengenal peserta pemangangan dalam negeri, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Direktur Pemagangan Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas, Darwanto, Asisten Administrasi Perekonomian Pembangunan atau Pelaksana Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara, H. Nouval Mahyar, SH, M. Hum, Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumut, Harianto Butarbutar, SE, M.Si dan Perwakilan Perusahaan Pelaksana Pemangangan, Director PT Innovam Indonesia Global, Hasustan Kosim 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN-Upaya mengatasi pengangguran, diperlukan peningkatan mutu pendidikan, meningkatkan latihan kerja untuk memenuhi kebutuhan keterampilan sesuai tuntutan industri modern. 

Pelaksanaan Pemagangan dalam Negeri Sumatera Utara (Sumut) diikuti 300 peserta bertempat di PT Innovam Indonesia Global, Jalan Padang Golf CBD Polonia, Medan, Selasa (2/7/2019).

Pemangangan Dalam Negeri Sumut Tahun 2019 resmi dibuka Asisten Administrasi Perekonomian Pembangunan atau Pelaksana Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara, H. Nouval Mahyar, SH, M. Hum.

Turut hadir dalam acara ini Direktur Pemagangan Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan Produktivitas, Darwanto, Ketua Forum Komunikasi Jejaring Pemagangan (FKJP), Tetty Yulianty, Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumut, Harianto Butarbutar, SE, M.Si dan Perwakilan Perusahaan Pelaksana Pemangangan, Director PT Innovam Indonesia Global, Hasustan Kosim.

Dalam kata sambutannya, Nouval mengatakan untuk meningkatkan keahlian dan keterampilan masyarakat secara umum dan secara khusus bagi pencari kerja lulusan sekolah dan mahasiswa maka pemerintah diharapkan melakukan strategi keterpaduan dengan pihak perusahaan unit pelaksana teknis perusahaan, balai latihan kerja unit pelaksana Teknis Daerah serta Forum Komunikasi jejaring pemagangan (FKJP).

"Provinsi Sumut dengan jumlah 33 kabupaten kota juga tidak luput dari masalah ketenagakerjaan,"ujar Nouval.

Ia mengatakan berdasarkan data BPS (Badan Pusat Statistik) tahun 2018 jumlah penduduk Sumut mencapai 14.260.000 orang dengan angkatan kerja 7.227.000 orang. Dengan rincian yang bekerja 6.823.000 orang dan yang menganggur 403.000 orang.

"Dari angka-angka tersebut, Sumut termasuk daerah dengan jumlah pengangguran yang cukup besar jumlahnya. Lapangan kerja dan kesempatan kerja baru yang terbatas, kualitas SDM yang rendah dan kesadaran meningkatkan keterampilan keahlian dan produktivitas yang masih rendah mengakibatkan peluang pasar kerja yang ada tidak dapat diisi oleh pencari kerja," ucapnya.

Ia menjelaskan berdasarkan peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI nomor 22/MEN/XI/2009  pasal 1 poin 2 bahwa pemagangan dalam negeri adalah pemagangan yang diselenggarakan oleh perusahaan yang berdomisili di negeri kesatuan Republik Indonesia.

"Maksud dan tujuan kegiatan pemagangan ini adalah membekali para pencari kerja ilmu pengetahuan keterampilan dan keahlian sesuai dengan tugasnya di perusahaan secara teori dan praktek kerja secara langsung melahirkan pencari kerja siap pakai dan siap bekerja agar kualitas pencari kerja meningkat," ujar Nouval.

Halaman
123
Penulis: Natalin Sinaga
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved