Vihara Borobudur Adakan Perayaan Hari Asadha 2563 B.E./2019

Pada pertengahan bulan Juli 2019, umat Buddha memperingati salah satu hari besar Agama Buddha yaitu Hari Asadha.

Vihara Borobudur Adakan Perayaan Hari Asadha 2563 B.E./2019
TRIBUN MEDAN/HO
Y.M. Bhikkhu Jinadhammo Maha Thera sedang menghidupkan dupa dan lilin kebaktian 

MEDAN.TRIBUNNEWS.com, MEDAN - Pada pertengahan bulan Juli 2019, umat Buddha memperingati salah satu hari besar Agama Buddha yaitu Hari Asadha. Hari Asadha juga dikenal sebagai hari Dhamma dimana hari ini memperingati peristiwa pembabaran Dhamma yang pertama sekali oleh Sang Buddha kepada lima orang pertapa.

Menurut sejarah, setelah pertapa Gotama mencapai penerangan sempurna di Hutan Gaya pada bulan Waisak (bulan keenam Lunar), Beliau memutuskan untuk membabarkan Dhamma yang telah ditemukan-Nya. Beliau teringat kepada kedua orang guru-Nya, namun dengan pengetahuan sempurna, Beliau mengetahui bahwa keduanya telah meninggal dunia. Kemudian Sang Buddha teringat kepada lima orang pertapa. Lima orang pertapa ini dulunya merupakan teman Beliau ketika masih melatih diri di hutan Uruvela.

Baca: Perayaan Waisak di Vihara Borobudur Angkat Tema Cinta Tanah Air Indonesia

Mereka sedang berada di Taman Rusa Isipatana, Benares. Sang Buddha kemudian melakukan perjalanan kaki selama 2 bulan dari Hutan Gaya menuju Benares dan tiba pada saat bulan purnama kedelapan Lunar, atau pada bulan Asadha, Sang Buddha membabarkan khotbah pertama kepada lima orang pertapa. Adapun khotbah pertama tersebut yaitu khotbah “Dhammacakkapavatana Sutta” ini berisi tentang 4 Kesunyataan Mulia dan Delapan Jalan Utama.

Peristiwa ini juga menjadi tonggak sejarah penting bagi agama Buddha karena pada saat tersebut kelima pertapa langsung memohon menjadi murid Sang Buddha. Dengan demikian lengkaplah sudah tiga permata, Tri Ratna yaitu Buddha, Dhamma, dan Sangha.

Baca: FOTO-FOTO Umat Buddha Melaksanakan Ibadah Perayaan Tri Suci Waisak di Vihara Borobudur Medan

Dalam memperingati peristiwa bersejarah ini, Persaudaraan Muda-Mudi Vihara Borobudur mengundang seluruh umat untuk menghadiri acara Perayaan Hari Asadha. Acara ini akan diisi dengan Puja Bakti Asadha dan Dhammadesana di Bhaktisala Vihara Borobudur pada hari Rabu, 17 Juli 2019, mulai pukul 19.00 WIB. Puja Bakti ini akan dihadiri oleh Phra Videsadhammañāṇa (Y.M. Bhikkhu Jinadhammo Maha Thera), yang sekaligus akan memberikan bimbingan dhamma.

Editor: Ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved