Langkah Dinas Kebersihan dan Pertamanan Selesaikan Masalah Sampah di Kota Medan

Ia menyadari beberapa infranstruktur harus diperkuat termasuk penyediaan armada dan tata kelola masing-masing wilayah.

Langkah Dinas Kebersihan dan Pertamanan Selesaikan Masalah Sampah di Kota Medan
Tribun-Medan /HO
Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Muhammad Husni. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Muhammad Husni, kepada Tribun, Selasa (2/7/2019) mengungkapkan, DKP tidak ada masalah maupun kesulitan saat tanggungjawab sampah dikembalikan kepada dinas.

Namun, ia menyadari beberapa infranstruktur harus diperkuat termasuk penyediaan armada dan tata kelola masing-masing wilayah.

"Hampir 50 armada untuk memperkuat layanan persampahan pada 2019 ini. Targetnya tahun 2021 armada harus tuntas. Bagaimanapun, upaya maksimal kalau armada tidak distandarisasi, tidak akan mampu mengangkut porsi sampah yang ada," katanya.

Dismping itu, lanjutnya, dilakukan pemetaan terhadap Tempat Pemungutan Sampah (TPS) yang permanen. TPS harus dimaksimalkan sebagai tempat penampungan.

DKP terus berupaya melakukan pengelolaan persampahan. Mereka sedang berusaha mengoptimalkan 30 persen sampah di hulu sudah dikelola masyarakat. Baik melalu bank sampah maupun pengelola persampahan.

"Sisanya, 70 persen coba kita ambil ke depan. Disamping menunggu kebijakan lebih luas dan berupaya Medan menjadi file project penanganan sampah tingkat nasional sehingga ada tata kelola sampah menjadi energi. Inilah sebagai cara kita menanggulangi sampah secara total," jelasnya.

Saat ini, Kota Medan dalam pengelolaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) masih melakukan open dumping.

Pengelolaan ini yang membuat Kota Medan mendapatkan nilai rendah pada saat penilaian kota dan dinobatkan sebagai kota dengan nilai kebersihan terendah.

Untuk itu, disarankan Medan segera beralih ke pengelolaan sanitary landfill. Namun, Husni menyadari, kondisi lahan yang bulum memadai.

Saat ini mereka tengah berkoordinasi dengan lintas batas. Medan memiliki satu TPA di Namobintang. DKP sedang mengupayakan komunikasi ada izin yang untuk pemanfaatannya.

Halaman
12
Penulis: Nanda Rizka Nasution
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved