News Video: Ganja 39 Kg Diamankan Satresnarkoba Polrestabes Medan di Tuntungan

Kita dapat barang-barang ini semuanya, barang bukti ganja 39 kg ganja dimasukan ke dalam karung dan disimpan di kamar hotel.

News Video: Ganja 39 Kg Diamankan Satresnarkoba Polrestabes Medan di Tuntungan
TRIBUN MEDAN/MUHAMMAD ANIL RASYID
Kapolrestabes Medan Kombes Dadang Hartanto memaparkan tangkapan narkoba jenis ganja seberat 39 kg, Rabu (3/7/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com - Satresnarkoba Polrestabes Kota Medan melakukan pengungkapan dan penangkapan terhadap dua orang pelaku yang berinisial SH (39) dan KH (26) dalam kasus peredaran narkoba jenis daun ganja.

Bukan dengan jumlah yang sedikit, petugas Satresnarkoba Polrestabes Kota Medan berhasil mengamankan  39 kg ganja dari mobil bak terbuka, Daihatsu Grand Max dengan nomor polisi BK 9961 EN.

Kapolrestabes Medan Kombes Dadang Hartanto menjelaskan, berdasarkan informasi yang berhasil diterima dari masyarakat bahwa ada dua orang pria yang diduga membawa narkoba dan menyimpan di hotel.

"Pada tanggal 30 Juni 2019 kita mendapat informasi ada ganja, masuk dari wilayah Aceh yang akan dipasarkan di Medan. Jadi dari hasil penyelidikan ini, kita melakukan pencarian inten di lapangan, dan kita dapat ada dua orang menggunakan mobil pick up. Kemudian kita ikuti, mereka berhenti di hotel dan menginap di hotel daerah Tuntungan," ucap Dadang Hartanto, Rabu (3/7/2019).

Pada pukul 15.15 WIB sore tanggal 30 Juni 2019, petugas berhasil melakukan peryergapan di hotel tersebut.

"Kita dapat barang-barang ini semuanya, barang bukti ganja 39 kg ganja dimasukan ke dalam karung dan disimpan di kamar hotel," ujar Dadang Hartanto.

Kapolrestabes Medan ini juga menuturkan, adapun modus para pelaku dalam melakukan aksinya ialah, sifatnya mereka menggunakan transportasi darat, dan barang bukti diselipkan atau disimpan dibagian-bagian kendaraan yang tidak dapat terlihat oleh petugas.

"Sehingga saat kami melakukan pemeriksaan mereka, tidak ditemukan. Kebetulan memang saat itu, kita tidak melakukan pemeriksaan kita dapat menerima informasi sudah ada di hotel. Sehingga kita melakukan penyergapan di situ," ucap Kombes Dadang Hartanto.

Kedua pelaku berinisial SH (39) warga Jalan Kontiner, Desa Badak, Kecamatan Blang Pagayo, Kabupaten Kejeren dan KH (26) warga Desa Simpur Jaya, Kecamatan Ketambe.

Pelaku dibayar untuk mengantarkan barang haram ini, seharga 250 ribu per-kilonya.

Dari keterangan pelaku, ganja 39 kg ini diselipkan diantara tumpukan kardus yang di tumpukan di dalam mobil pick up tersebut.

"Iya pak diselipkan disitu. Kardusnya ini mau di jual ke botot pak. Saya perlu duit pak, untuk anak saya yang mau sekolah pak, saya terpaksa pak," ucap seorang pelaku yang sambil mengenakan penutup wajah dan mengeluarkan air mata.

Kedua pelaku terancam pasal 114 ayat (2) subsider pasal 111 ayat (2) subsider pasal 132 ayat (1) pidana penjara paling singkat 6 tahun dan paling lama 20 tahun penjara.

(cr23/tribun-medan.com)

Penulis: Muhammad Anil Rasyid
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved