Daftar Kota Peminat Tertinggi STAN 2019, Kota Medan di Urutan ke-3 Dengan 15.145 Orang Pendaftar

English Nainggolan mengatakan, ujian kali ini menggunakan sistem online, sama dengan penerimaan CPNS sebelumnya.

Daftar Kota Peminat Tertinggi STAN 2019, Kota Medan di Urutan ke-3 Dengan 15.145 Orang Pendaftar
TRIBUN MEDAN
Peserta PKN STAN 2019 di Kantor BKN Regional VI Provinsi Sumatera Utara, Jalan TB Simatupang, Kota Medan, Kamis (4/7/2019) 

TRIBUN MEDAN.COM, MEDAN - Seleksi sekolah kedinasan kini sedang menjadi hal yang masif. Berbagai sekolah kedinasan dari kementerian melaksanakan seleksi guna menjaring bibit unggul penerus roda birokrasi.

Seleksi pun dilaksanakan di berbagai daerah tak terkecuali Kota Medan. Mulai dari Senin (03/07/2019) peserta sudah mulai melakukan pendaftaran dan mengikuti berbagai tahapan.

Pada hari pertama Kementerian Keuangan Republik Indonesia menyelenggarakan seleksi penerimaan mahasiswa baru Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN 2019 untuk wilayah Sumatera Utara yang diselenggarakan di Balai Diklat Keuangan Medan Johor.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional VI Provinsi Sumatera Utara, English Nainggolan mengatakan, Kota Medan menjadi daerah dengan antusias pendaftar yang tinggi.

"Medan merupakan kota ke-3 dengan peminat tertinggi pada PKN STAN 2019 setelah Jakarta dan Jogjakarta dengan jumlah peserta mendaftar sebanyak 15.145 orang," jelasnya.

English Nainggolan mengatakan, ujian kali ini menggunakan sistem online, sama dengan penerimaan CPNS sebelumnya.

"Seleksi tersebut menggunakan metode computer assisted test (CAT) yang merupakan produk Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang telah terbukti mampu menjaring bibit unggul pada Penerimaan CPNS maupun calon mahasiswa sekolah kedinasan sejak tahun 2014 lalu," jelasnya.

Selanjutnya, ia mengatakan, pada proses seleksi ini peserta begitu selesai ujian akan langsung mengetahui hasilnya.

"Dengan perhitungan nilai secara real time, peserta akan langsung mengetahui nilai yang didapat setelah selesai melaksanakan ujian," jelasnya.

Tiap sesi, kata English peserta yang akan diujiankan sebanyak 490 orang dengan tiga gelombang perharinya. Seleksi ini juga akan dilaksanakan sampai dengan Sabtu ini.

"Seleksi akan digelar mulai Senin (03/07/2019) hingga Sabtu (13/07/2019) mendatang. Setiap hari, akan ada 3 sesi dengan jumlah peserta per sesi sebanyak 490 orang," ucapnya.

Dalam penyelenggaraannya, peserta diberi waktu sebanyak 150 menit yang meliputi tes seleksi kemampuan dasar (SKD), Ujian Potensi Akademik dan juga Ujian Bahasa Inggris.

Dari 1389 peserta yang mengikuti ujian pada Hari pertama, hanya sebesar 248 Peserta yang memenuhi nilai ambang batas yang artinya hanya 17,8 persen dari total keseluruhan.

(cr19/Tribun-Medan.com)

Penulis: Satia
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved