Ombudsman Kritik Keras Dugaan Pungli di SMPN 1 Beringin

Dinas Pendidikan setempat harus menjadikan ini pelajaran. Pelaksanaan PPDB jangan sampai meresahkan masyarakat.

Ombudsman Kritik Keras Dugaan Pungli di SMPN 1 Beringin
Tribun Medan/Indra Gunawan
Orang tua siswa datang ke SMP Negeri 1 Beringin Deliserdang untuk mendaftarkan anaknya Rabu, (3/7/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com - Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut Abdyadi Siregar ikut menanggapi kasus pungutan liar yang terjadi di SMP Negeri 1 Beringin Kabupaten Deliserdang.

Ia mengaku sangat mengapresiasi langkah cepat yang dilakukan oleh Bupati Ashari Tambunan yang begitu mendapat informasi dari wartawan langsung mengeluarkan kebijakan untuk menghentikan apa yang dilakukan oleh pihak sekolah.

Menurutnya, pungli yang dilakukan oleh pihak sekolah melanggar berbagai regulasi yang sudah ada.

Baca: Kadis Pendidikan Deliserdang Minta SMPN 1 Beringin Hentikan Pungutan Biaya Formulir dan Map PPDB

"Enggak dibenarkan itu (lakukan pungli). Enggak boleh ada pungutan yang berkaitan dengan pelaksanaan PPDB. Banyak regulasi yang mengatur tentang larangan pungutan. Kalau melakukan pungutan artinya melakukan pelanggaran. Kita terimakasih kepada Pak Bupati Deliserdang karena sudah meminta untuk menghentikan pungutan itu," ujar Abyadi Kamis, (4/7/2019).

Menurutnya, Dinas Pendidikan setempat harus menjadikan ini pelajaran. Pelaksanaan PPDB jangan sampai meresahkan masyarakat.

Meskipun yang dipungut hanya sebatas ribuan namun jika dibebankan kepada ratusan ataupun ribuan orang tentang akan membawa dampak negatif.

"Jangan lagi disituasi seperti sekarang ini, hidup yang semakin sulit dibuat tambah sulit. Dinas Pendidikan harusnya menyampaikan lebih awal kepada kepala sekolah jangan ada permintaan uang saat PPDB apalagi untuk SD harus nol rupiah. Inspektorat ya memang perlu untuk memeriksa ini apakah ini kebijakan sekolah atau hal lain. Jangan buat citra pendidikan menjadi buruk," kata Abyadi. (dra/tribun-medan.com)

Penulis: Indra Gunawan
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved