Pascalebaran Harga Sayuran di Medan Belum Stabil, Kol dan Kangkung Naik Drastis

Pedagang sayuran di Pasar Tradisional Petisah, Nita mengatakan sebulan pascalebaran harga sayuran masih belum stabil.

Pascalebaran Harga Sayuran di Medan Belum Stabil, Kol dan Kangkung Naik Drastis
Natalin
Harga sayuran bergerak naik. Salah satunya kol yang dipasarkan diharga Rp 6 ribu per kg atau melonjak Rp 2 ribu per kg dibandingkan harga normal. 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN-Pascalebaran harga sayuran hingga kini di Kota Medan masih belum stabil. Bahkan untuk kol dan kangkung harganya melambung, kenaikannya mencapai 50 persen hingga 100 persen.

Hal ini dilihat Tribun Medan dari Pasar Tradisional Petisah Medan. Harga sayur kol yang biasa dipasarkan diharga Rp 4 ribu per Kg saat ini naik menjadi Rp 6 ribu per Kg.

Sementara untuk harga sayur kangkung yang biasanya hanya Rp 1.000, sekarang ini sudah Rp 2.000 perikat.

Pedagang sayuran di Pasar Tradisional Petisah, Nita mengatakan sebulan pascalebaran harga sayuran masih belum stabil.

Terutama untuk sayuran yang dipasok dari kawasan Berastagi. Seperti bunga kol, tomat, kol.

"Untuk kol yang biasa dipasarkan diharga Rp 4 ribu per Kg saat ini naik menjadi Rp 6 ribu per kg," ujar Nita, Kamis (5/7/2019).

Dikatakannya, kenaikan sayuran ini disebabkan sayuran tidak hanya dipasar di lokal saja. "Sekarang ini, kol banyak dijual ke luar, makanya harganya jadi mahal," ucap Nita.

Selain kol, sayuran lainnya yang juga bergerak naik kangkung. "Biasanya kita jual, satu ikat itu hanya Rp 1000, sekarang ini sudah Rp 2000 perikat," katanya.

Hal senada juga diungkapkan, pedagang sayur, Henina. Ia mengatakan kenaikan harga sayuran ini karena pasokan tidak banyak, sementara permintaan tinggi. "Harga sayuran, masih belum stabil,"ujarnya.

Ia menjelaskan selain kol dan kangkung, bunga kol juga bergerak naik dikisaran harga Rp 18 ribu per kg atau mengalami kenaikan dari harga normal antara Rp 12 ribu hingga Rp 15 ribu per kg, tomat naik dari harga Rp 10 ribu menjadi Rp 12 ribu.

"Kangkung itu Rp 2 ribu per ikat biasa Rp 1 ribu, sayur kangkung ini peminat banyak, tapi barangnya enggak ada. Wortel kami jual Rp 8 ribu biasanya Rp 6 ribu enggak tentu barang. Wortel, kangkung, brokoli itu selalu habis dibeli konsumen," ungkap Henina.

Diakuinya, harga Cabai merah masih mahal juga, sekilo Rp 60 ribu. Bawang merah bervariasi dari mulai Rp 28 ribu hingga Rp 30 ribu per kg, dan bawang putih itu Rp 35 ribu per kg.

(nat/tribun-medan.com)

Penulis: Natalin Sinaga
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved