Tiga Rumah Ludes Terbakar Gara-gara Sebatang Rokok di Dalam Kamar

Tadi api pas aku di dalam rumah. Pas ku lihat ke arah kamar, ada kepulan asap. Rupanya api sudah menyala besar di dalam kamar

Tiga Rumah Ludes Terbakar Gara-gara Sebatang Rokok di Dalam Kamar
TRIBUN MEDAN/DEDY KURNIAWAN
Tiga rumah ludes terbakar bersamaan. Kebakaran hebat terjadi dipemukiman padat penduduk di Lingkungan VII Tegal Rejo, Kelurahan Kwala Bingai, Kecamatan Stabat, Kamis (4/7/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com, STABAT - Tiga rumah ludes terbakar bersamaan.

Kebakaran hebat terjadi dipemukiman padat penduduk di Lingkungan VII Tegal Rejo, Kelurahan Kwala Bingai, Kecamatan Stabat, Kamis (4/7/2019)

Si Jago merah melahap habis tiga rumah, masing-masing milik James Sialoho (65), Agus Suriabakti (40) dan Eli Kasim Pohan (50).

Penyebabnya hanya gara-gara sebatang rokok di rumah James Sihaloho yang diisapnya, ditinggal di kamar.

"Tadi api pas aku di dalam rumah. Pas ku lihat ke arah kamar, ada kepulan asap. Rupanya api sudah menyala besar di dalam kamar," ujarnya.

Bahan bangunan yang terbuat dari papa, membuat api dengan cepat melalap seisi rumah dan merembet. Melihat kejadian ini, masyarakat berupaya menyelamatkan rumah dengan alat dan bahan seadanya.

"Gak banyak barang yang bisa diselamatkan. Api cepat kali menyambar dan sangat cepat merambat ke rumah lain. Tiga rumah yang habis ini," kata dia.

James Sihaloho bilang sempat berusaha memadamkan api dan mencoba menyelamatkan barang-barang berharga. Akibatnya, James Sihaloho mengalami luka bakar yang cukup serius di bagian waja.

"Tadi mau nyelamati barang-barang, wajah ku yang kena sambaran api ini di dalam tadi," katanya James Sihaloho.

Saksi, Andre waega sekitar bilang, api bisa padam setelah Damkar tiba. Namun, sempitnya lokasi kebakaran menjadi hambatan serius untuk menyelamatkan ketiga rumah. Api berhasil dipadamkan setelah berjibaku sekitar satu jam.

"Lambat juga tadi pemadam datangnya. Ditambah lagi, lokasi kesini memang sempit, makanya mobil pemadam tidak bisa langsung masuk dan hanya parkir jauh dari titik api," kata warga sekitar, Andre.

Kapolsek Stabat, AKP B Girsang saat dikonfirmasi awak media via telepon selulernya membenarkan peristiwa ini. Pun demikian, ia tak berkomentar banyak, dan mengarahkan ke Humas Polres Langkat.

"Informasi lengkapnya ke Humas Polres aja ya bang," ujar Kapolsek Stabat.

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tiga rumah ini. Namun ditaksir, kerugian materil mencapai Rp 252 juta.

(dyk/tribun-medan.com)

Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved