Harga Emas Antam Turun Lagi Jadi Rp 715 Ribu per Gram

"Memang sedang tren turun harga emas saat ini. Tapi bisa jadi sesaat saja," kata pengamat ekonomi, Wahyu Ario Pratomo.

Harga Emas Antam Turun Lagi Jadi Rp 715 Ribu per Gram
Tribunnews
Emas PT Antam 

TRIBUN-MEDAN.com-Harga emas PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) atau emas Antam untuk perdagangan Jumat (5/7/2019) tercatat kembali turun Rp 11 ribu per gram menjadi Rp 715 ribu per gram.

Sebelumnya hari Kamis (4/7/2019) berada diangka Rp 726 ribu per gram di Butik Emas LM Medan berlokasi di komplek Centre Point Medan, Jalan Timor Blok M No. 3A, Medan, Sumatera Utara.

Sementara itu harga buyback emas Antam yang turun Rp 2.000 menjadi Rp 638 ribu per gram. Harga buyback ini adalah jika Anda menjual emas, Antam akan membelinya di harga Rp 638 ribu per gram.

Saat ini, Antam menjual emas dengan ukuran mulai 0,5 gram hingga 500 gram. Hingga pukul 11.00 WIB, sebagian besar ukuran emas Antam masih tersedia.

Harga emas Antam ini berlaku di Butik Emas LM Medan berlokasi di komplek Centre Point Medan, Jalan Timor Blok M No. 3A, Medan. Sementara, di gerai penjualan emas Antam lain bisa berbeda.

"Harga Emas LM Antam Medan ini promo harga pabrik untuk memeriahkan HUT Antam ke 51. Harga emas lebih murah dibandingkan harga emas normal Kota Medan," ujar seorang karyawan Butik Emas LM Medan.

Sementara untuk harga emas Antam bercorak batik dengan ukuran 10 gram ditetapkan Rp 7.395.000. Sedangkan ukuran 20 gram dijual Rp 14.236.000.

Harga emas Antam sudah termasuk PPh 22 sebesar 0,9 persen. Sertakan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk memperoleh potongan pajak lebih rendah (0,45 persen).

Dalam kesempatan yang berbeda, engamat ekonomi Sumatera Utara Wahyu Ario Pratomo mengatakan harga emas yang berfluktuasi tergantung dari beberapa faktor. Yang jelas faktornya adalah penawaran dan permintaan.

"Memang sedang tren turun harga emas saat ini. Tapi bisa jadi sesaat saja. Kalau hari raya, mau tahun ajaran baru, penawaran emas akan meningkat. Banyak rumah tangga yang memerlukan uang lebih sehingga mereka menjual emas yang dimiliki untuk mendapatkan uang cash," ujar Wahyu.

Halaman
12
Penulis: Natalin Sinaga
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved