Monza Sukaramai, Pasar Malam Pusat Jualan Sepatu di Medan

Pusat monza di Kota Medan pada malam hari terletak di deretan trotoar Jalan AR Hakim atau sering disebut Pasar Sukaramai Kota Medan.

Monza Sukaramai, Pasar Malam Pusat Jualan Sepatu di Medan
Tribun Medan/Aqmarul Akhyar
Suasana Monza Sukaramai 

TRIBUN-MEDAN.com-Di Kota Medan, pasar atau lokalisasi pedagang yang khusus menjual barang-barang seken disebut monza.

Pusat monza di Kota Medan pada malam hari terletak di deretan trotoar Jalan AR Hakim atau sering disebut Pasar Sukaramai Kota Medan.

Ada sekitar 15 lapak monza yang menjual pakaian bekas dan sepatu bekas. Setiap harinya lapak monza ini buka pada pukul 18.00 WIB sampai 24.00 WIB.

Lapak monza yang ada di Sukaramai ini sudah ada semenjak tahun 2010. Lapak tersebut dikenal masyarakat Kota Medan merupakan Monza Sepatu karena didominasi penjual sepatu. 

Ada juga lapak penjual pakaian, seperti baju kemeja putih, celana panjang dan celana pendek serta jaket. Adapun harga yang ditawarkan dari harga Rp 50 ribuan sampai ratusan ribuan.

Kalau harga Rp 50 ribuan, biasanya merupakan barang brand lokal atau bahannya sudah mengalami sedikit cacat fisik. Sementara untuk sepatu monza, harganya juga sangat bervarian.

Harga obral dimulai dari harga Rp 50 ribuan dan Rp 60 ribuan, baik itu sepatu olahraga maupun sepatu untuk keperluan kerja. 

Sepatu yang dibandrol ratusan ribu sampai jutaan rupiah biasnaya merupakan kualitas original, tidak lagi kualitas palsu atau mendekati original.

Sepatu monza yang jutaan pun sangat jarang ditemukan dan barangnya terbatas karena menurut pedagang monza sepatu seperti itu merupakan "kepala kodi". Dalam satu kodi berisi ratusan sepatu yang didatangkan dari luar negeri, hanya ada sedikit sepatu yang dinamakan kepala kodi.

Sepatu monza harga jutaan biasanya brand yang sudah ternama dan harga asli atau baru sepatunya mencapai puluhan juta atau belasan juta.

Adapun sepatu buatan lokal dan negara-negara Asia dibanderol dengan harga ratusan ribu untuk sepatu monza. Sepatu monza ini hampir setiap hari ramai, terutama yang meramaikan anak-anak kampus atau anak kuliahan di Koata Medan.

Biasanya sepatu monza ini hanya dipakai untuk sehari-hari, seperti joging, dan kerja. Karena alasan dari pembeli kalau pakai sepatu monza untuk kegiatan sehari-hari tak rugi. Sebab, sudah bermerek dipakainya tidak mengalami kerugian besar karena hrganya murah.

Untuk akses ke tempat ini sangat mudah karena semua para ojek online dan taxi online di kota Medan sudah ada. Kemudian tempatnya di pinggir jalan trotoar, jika sudah sampai makabyang menandakannya ialah parkiran sepeda motor pengujung yang berjejer sepanjang jalan Air Hakim Kota Medan. (cr20/tribun-medan.com)

Penulis: Aqmarul Akhyar
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved