Bekas Bendahara Bina Marga Sergei Kembali Divonis Penjara, Uang Pengganti Rp 1,13 M

Samsir Muhammad Nasution divonis enam tahun penjara oleh Hakim Ketua Saryana di Pengadilan Tipikor Medan

Bekas Bendahara Bina Marga Sergei Kembali Divonis Penjara, Uang Pengganti Rp 1,13 M
TRIBUN MEDAN/VICTORY HUTAURUK
Mantan Bendahara Pengeluaran Dinas Bina Marga Pemkab Serdangbedagai, Samsir Muhammad Nasution divonis 6 tahun penjara oleh Hakim Ketua Saryana di Pengadilan Tipikor Medan, Jumat (5/7/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Mantan Bendahara Pengeluaran Dinas Bina Marga Pemkab Serdangbedagai (Sergai), Samsir Muhammad Nasution divonis enam tahun penjara oleh Hakim Ketua Saryana di Pengadilan Tipikor Medan, Jumat (5/7/2019).

Selain pidana penjara, Samsir juga didenda sebesar Rp 200 juta subsider 3 bulan kurungan akibat terbukti melakukan korupsi pengelolaan kas di Bendahara Pengeluaran pada Dinas Bina Marga Sergai yang mengalami kerugian negara sebesar Rp 1.137.600.000.

"Menyatakan terdakwa terbukti melanggar Pasal 2 ayat (1) Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana. Serta menjatuhkan hukuman pidana penjara kepada terdakwa Samsir Muhammad Nasution selama 6 tahun dan denda Rp 200 juta subsider 3 bulan kurungan," tutur Hakim dalam amar putusannya.

Selain itu, Samsir juga diwajibkan untuk membayar Uang Pengganti (UP) kerugian negara sebesar Rp 1.137.600.000 dan apabila tidak dibayarkan dalam 1 bulan digangi pidana 3 tahun penjara.

Dalam amar putusannya, majelis hakim menyebutkan, bahwa hal yang memberatkan, perbuatan terdakwa Samsir tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan korupsi. "Sedangkan hal yang meringankan, terdakwa bersikap sopan selama persidangan," sebut hakim Saryana.

Putusan itu lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Doni Irawan Harahap dan Ardiansyah Hasibuan selama 8 tahun penjara dan denda Rp 500 juta subsider 6 bulan.

Sebelumnya pada November 2017 silam terdakwa juga telah divonis kasus korupsi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Sergei TA 2014. Yaitu selama 4 tahun penjara dan denda sebesar Rp. 500 juta dengan subsider 6 bulan serta membebankan UP sebesar Rp. 1.615.794.500 dengan subsider 2 tahun.

Seusai sidang, kuasa hukum terdakwa, Rito Dermawan Hasibuan menegaskan bahwa pihaknya mengajukan banding putusan tersebut tidak berimbang karena menyangkut jabatan Samsir sebagai Bendahara Pengeluaran pada Dinas Bima Marga Pemkab Sergai.

"Putusan ini tidak setimpal dengan tuduhan turut bersama-sama dengan Kepala Dinas (Darwin Sitepu) yang dihukum hanya 4 tahun (penjara)," tegasnya kepada Tribun.

Dalam kasus ini, mantan Kepala Dinas (Kadis) Bina Marga Pemkab Serdang Bedagai (Sergai), Darwin Sitepu juga dihukum selama 4 tahun 10 bulan penjara dan denda Rp 200 juta subsider 3 bulan kurungan.

Halaman
12
Penulis: Victory Arrival Hutauruk
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved