TRIBUNWIKI

Martabak Mesir Legendaris di Kota Medan, Ada Sejak 1989

Buffet tersebut pertama kali diberi nama "Malabar" oleh pemiliknya Abdul Muid dari tempat pertama memulai usaha.

Martabak Mesir Legendaris di Kota Medan, Ada Sejak 1989
Tribun Medan/Aqmarul Akhyar
Maratabak Mesir legendaris Buffet Ahmad Salim. Buffet Ahmad Salim ini berada di Jalan AR Hakim nomor 160 A, Medan. 

TRIBUN-MEDAN.com - Kota Medan merupakan kota sejuta kuliner, maka wajar saja sebagian wisatawan datang ke kota Medan untuk mencicipi kuliner yang ada di kota tersebut, hari Minggu (7/7/2019).

Sala satunya Maratabak Mesir legendaris di Buffet Ahmad Salim Kota Medan, yang sering diburu wisatawan. Buffet Ahmad Salim ini terletak di Jalan AR Hakim nomor 160 A, yang sudah berdiri semenjak tahun 1989.

Buffet tersebut pertama kali diberi nama "Malabar" oleh pemiliknya Abdul Muid dari tempat pertama memulai usaha.

Dengan tempat usaha berupa ruko yang masih menyewa, Abdul Muid merintis jualan Martabak Mesir.

Ternyata, di tahun pertama penjualan Martabak Mesir, Abdul Muid mendapatkan keuntungan besar karena Maratabaknya laris manis. Maka, di tahun 1990 Abdul Muid bisa membeli ruko untuk tempat berjualan Martabak Mesirnya.

Kemudian, semangkin berkembang usaha Martabak Mesir, maka Abdul Muid mengganti nama usahanya dari nama "Malabar" menjadi "Buffet Ahmad Salim". Nama tersebut diambil pemilik usaha Maratabak tersebut dari anak keduanya.

M Hasanal Muid (Hasan) anak pemilik Buffet Ahmad Salim.
M Hasanal Muid (Hasan) anak pemilik Buffet Ahmad Salim. (Tribun Medan/Aqmarul Akhyar)

Nama usaha diganti menjadi Buffet Ahmad Salim karena ingin menunjukan nuansa Muslimnya. Rupanya di tahun 1990-an mengganti nama, usaha Martabak Mesir di Kota Medan semangkin maju pesat.

Hingga, Abdul Muid membuka cabang pada era tahun 1990-an, dan tempatnya tidak jauh dari tempat pertamanya. Begitu juga pada tahun 2005, Abdul Muid membuka cabang ke tiga yang tak jauh juga dari tempat usahanyany yang pertama dan kedua.

Hal ini dilakukan Abdul Muid, agar bisa dengan mudah mengkontrol karyawan Buffet miliknya. Ada pun tempat cabang-cabang Buffet tersebut yang pertama di Jalan AR Hakim Nomor 160 A, cabang kedua Jalan Bakti nomor 181, cabang ke tiga ada di Jalan AR Hakim nomor 156.

Ketiga cabang Buffet Ahmad Salim, ini sering dikunjungi wisatawan lokal maupun manca negara di Asia, Seperti India, Malaysia, Thailand dan Singapura. Ada pun menu favorit yang sering dipesan pengunjung ialah Martabak Mesir dengan harga Rp 27 ribuan.

Halaman
12
Penulis: Aqmarul Akhyar
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved