Konsep Gang Beratap Kesawan akan Dikembalikan untuk Jadi Daya Tarik Wisata Medan

Saat ini gang beratap di Kesawan banyak menjadi tempat usaha, parkir kendaraan, dan bangunan permanen.

Konsep Gang Beratap Kesawan akan Dikembalikan untuk Jadi Daya Tarik Wisata Medan
Tribun Medan/Nanda Rizka Nasution
Satu titik arcade di kawasan Kesawan, Jalan Ahmad Yani, Kota Medan yang akan dikembalikan sesuai dengan fungsinya. 

TRIBUN-MEDAN.com - Pemerintah Kota Medan akan mengembalikan fungsi pedestrian gang beratap (arcade) di kawasan cagar budaya Kesawan, Medan Barat.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang (DPKPPR) Benny Iskandar mengatakan, kawasan Kesawan akan sepenuhnya mengadopsi konsep gang beratap.

Menurut Benny, untuk mewujudkan kelestarian dan memfungsikan kembali arcade pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi lain dan akademisi.

"Kami sudah rapat dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU), Kebersihan dan Pertamanan (DKP), Dinas Kebudayaan," katanya, Senin (8/7/2019).

Menurutnya, saat ini gang beratap di Kesawan banyak menjadi tempat usaha, parkir kendaraan, dan bangunan permanen.

"Kami ingin mengembalikan fungsinya. Konsep awalnya sebagai tempat pedestrian dan pejalan kaki. Kemudian ada yang mengubah menjadi teras restoran, ada yang menutupnya, kami ingin mengembalikan lagi sebagai arcade," terangnya

Benny mengatakan, setiap block berbeda konteks bentuknya. Semua akan disesuikan. Sebagian ada sudah hilang. Untuk itu, nanti dibangun lagi sehingga semua ada.

DPKPPR telah melakukan survei untuk mengidentifikasi masalah dalam upaya melestarikan arcade di sepanjang ruas Jalan Ahmad Yani. Mulai dari simpang Jalan Palang merah sampai simpang Jalan Pulau Pinang.

Untuk arcade yang telah roboh, akan dibangun kembali.

"Kemarin dari USU juga diundang. Desain awal dari bantuan pusat, namun, tidak terimplemntasi. Sekarang akan kami implementasikan."

Halaman
12
Penulis: Nanda Rizka Nasution
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved