Pemilihan Wali Kota Binjai 2020, KPU Proyeksikan Anggaran Rp 15 Miliar

KPU Binjai saat ini sudah membahas, menyusun anggaran, dan mengajukan anggaran dana untuk penyelenggaraan Pilwako Binjai 2020.

Pemilihan Wali Kota Binjai 2020, KPU Proyeksikan Anggaran Rp 15 Miliar
TRIBUN MEDAN/DEDY KURNIAWAN
Komisioner KPU Binjai Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM, Robby Effendi. 

TRIBUN-MEDAN.com, BINJAI - Kota Binjai akan menjadi satu di antara Kota/Kabupaten yang akan menggelar Pemilihan Kepala Daerah.

KPU Binjai saat ini sudah membahas, menyusun anggaran, dan mengajukan anggaran dana untuk penyelenggaraan Pilwako Binjai 2020.

Komisioner KPU Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM, Robby Effendi mengatakan, setiap bidang komisioner menyusun anggaran masing-masing.

Ke depan dana akan disampaikan ke pihak lintas TAPD, Pemko Binjai dan DPRD Binjai untuk dianggarkan dalam P-APBD.

"Nanti kami dipanggil. Anggaran itu diusulkan, disampaikan ke Wali Kota, Sekda Pemko Binjai untuk dimasukan ke P-APBD Pemko Binjai. Yang diusulkan taksirannya kurang lebih Rp 15 Miliar," katanya ketika ditemui Tribun Medan di ruangannya, Senin (8/7/2019).

Dijelaskan Robby, untuk tahap awal Pilwako Binjai 2020 menyangkut anggaran, yang berlangsung bulan September hingga bulan Oktober. Selanjutnya pada bulan November akan dilaksanakan sosialiasi ke partai-partai politik.

"Ada beberapa yang tidak boleh dimasukan dalam anggarannya, seperti studi banding. Kalau ada dibuat-buat studi banding itu langsung dicoret," jelasnya.

Tak hanya soal Pilwako Binjai 2020, saat ini KPU juga sembari menunggu dan persiapan pelantikan legislatif, perangkat Pilwako seperti anggota PPK, KPPS hingga PPS. KPU juga masih menunggu terkiat Draft PKPU yang menjadi acuan Pilwako Binjai 2020 mendatang.

"Untuk pelantikan-pelantikan anggota PPK, KPPS, PPS itu nanti Januari Februari, sekalian menunggu Draft PKPU selesai disusun dari KPU RI," ujarnya.

30 nama-nama dewan yang diprediksi bakalan duduk di bangku DPRD Binjai terlebih dahulu akan dirapatkan, lewat Pleno Terbuka oleh KPU Binjai. Sejauh ini, ada satu gugatan Pemilu 2019 yang sedang diproses di KPU Binjai.

Halaman
12
Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved