Tingginya Harga Cabai Merah Jadi Penyebab Naiknya Inflasi di Sumatera Utara

Wiwiek Sisto Widayat, mengatakan keterbatasan pasokan dan peningkatan permintaan cabai merah mendorong inflasi Sumut.

Tingginya Harga Cabai Merah Jadi Penyebab Naiknya Inflasi di Sumatera Utara
Tribun-Medan.com/ Ryan Juskal
Pedagang Cabai Merah. (Tribun-Medan.com/ Ryan Juskal) 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN- Salah satu poin yang kerap menjadi penyebab inflasi adalah ketidaksiapan supply. Inflasi biasa menandakan dua hal, permintaan tinggi dan pasokan tersendat karena produksi tidak mencukupi.

Tingginya harga cabai di Sumut menyebabkan inflasi bulan Juni mencapai 1,63 persen.

Mengatasi hal ini, Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Sumatera Utara akan segera melakukan langkah-langkah jitu untuk mengantisipasi lonjakan harga pangan, khususnya cabai.

Kepala BI Kantor Perwakilan Sumatera Utara, Wiwiek Sisto Widayat, mengatakan keterbatasan pasokan dan peningkatan permintaan cabai merah mendorong inflasi Sumut.

Inflasi Sumut Juni 2019 tercatat 1,63 (mtm), meningkat dibandingkan bulan sebelumnya 1,19 persen (mtm). Realisasi inflasi jauh diatas historis 2017-2018 dan inflasi nasional.

Kepala BI Kantor Perwakilan Sumatera Utara, Wiwiek Sisto Widayat
Kepala BI Kantor Perwakilan Sumatera Utara, Wiwiek Sisto Widayat (Tribun Medan / Natalin)

Inflasi yang tinggi terutama bersumber dari kenaikan harga cabai merah, didorong oleh keterbatasan pasokan Sumut serta terhentinya pasokan dari Jawa menyusul harga di daerah Jawa yang juga tinggi.

Sementara itu, permintaan masih tinggi terutama pada minggu pertama Juni (periode Hari Raya).

"Pemerintah pusat telah menetapkan target inflasi di range 3,5% hingga 1% pada tahun 2019. Hingga Bulan Juni, tingkat inflasi Provinsi Sumut secara year to date telah mencapai 4,30 persen, berada di atas tingkat inflasi Sumatera dan nasional. Kita memang sedang memiliki tekanan tinggi akan Inflasi," ujar Wiwiek, Senin (8/7/2019).

Ia menjelaskan, berbagai upaya telah dilakukan pemerintah daerah (Pemda) bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sumut dalam mengendalikan inflasi di Sumut.

"Berbagai upaya terus dilakukan oleh Pemerintah Sumut, kita di dalam TPID terus melakukan diskusi sebagai upaya untuk mencari berbagai terobosan supaya dapat mengendalikan inflasi karena masalahnya supply dan demand terkait dengan komoditi-komoditi tertentu, misalnya cabai merah," katanya.

Halaman
123
Penulis: Natalin Sinaga
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved