Tingkatkan Jam Terbang Pemain Muda, Turnamen Sepak Bola Vice Rector USU Cup Kembali Digelar

Poniman Arbi mengatakan, turnamen akan menggunakan sistem setengah kompetisi dan diikuti 24 team.

Tingkatkan Jam Terbang Pemain Muda, Turnamen Sepak Bola Vice Rector USU Cup Kembali Digelar
TRIBUN MEDAN/CHANDRA SIMARMATA
Ketua Umum PS USU Prof Fidel Ganis Siregar (kaos biru) saat memberi arahan usai latihan tim PS USU di lapangan FISIP beberapa waktu lalu. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Dalam rangka meningkatkan kualitas dan menambah jam terbang para pemain khususnya pemain muda, PS Keluarga USU bersiap kembali menggelar kompetisi sepak bola bertajuk Vice Rector USU Cup 2 tahun 2019.

Ketua Panitia Poniman Arbi mengatakan, turnamen akan menggunakan sistem setengah kompetisi dan diikuti 24 team.

Rencananya Turnamen yang digagas Arief Indra Siregar ini akan digelar di Stadion Mini USU 12-14 Juli 2019.

Sedangkan peraturan pertandingannya tetap mengacu pada peraturan pertandingan yang dikeluarkan PSSI.

"Kompetisi tahun ini diikuti 24 team. Untuk tahun 2019 ini, turnamen akan lebih difokuskan kepada para pemain dengan usia 15 tahun," ujar Poniman Arbi, Senin (8/7/2019).

Dikatakan Arbi, turnamen Vice Rector USU Cup pertama kali digelar tahun 2017 dengan fokus pada usia 18-22 tahun. Di tahun itu, PS Keluarga USU tampil sebagai juara dengan Runner Up direbut PSAD, dan tempat ketiga diraih PSMS Junior serta Kesebelasan PPLP Sumut di posisi 4.

"Mengapa tahun ini kita fokuskan pemain usia 15 tahun, karena atas usul Ketua Umum PS Keluarga USU yang juga Wakil Rektor II USU Prof Fidel Ganis Siregar," imbuhnya.

Sementara itu, Fidel Ganis Siregar menyatakan, sepak bola selalu menjadi topik yang menarik untuk diperbincangkan. Menurutnya Olahraga yang satu ini memiliki peminat dan penggemar hampir diseluruh lapisan masyarakat dari berbagai latarbelakang pekerjaan, usia dan pendidikan. 

Apalagi Pada tahun 2019, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo juga telah mengeluarkan Instruksi Presiden Nomor 3 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional yang ditujukan kepada sekitar 15 Instansi serta pemerintah daerah. Dan dua diantaranya, kata Fidel adalah melakukan pembinaan usia dini dan usia muda secara berjenjang, dan menyelenggarakan kompetisi sepak bola kelompok usia tingkat elit (unggulan) satuan pendidikan dan Sekolah Sepak Bola.

Oleh karenanya, sambungnya, Sebagai bentuk implementasi dari instruksi tersebut, USU menggelar turnamen sepakbola usia muda yang menjangkau berbagai lapisan umur.

Halaman
12
Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved