Terima Kunker KEIN RI, Bupati Eddy Berutu Ungkap Persoalan Pertanian di Dairi

Sekarang ini kita memerlukan alat-alat pertanian, serta keahlian tertentu untuk membantu petani memanfaatkan lahan pertanian yang ada.

Terima Kunker KEIN RI, Bupati Eddy Berutu Ungkap Persoalan Pertanian di Dairi
TRIBUN MEDAN/HO
Bupati Dairi, Eddy Berutu menyerahkan cenderamata berupa plakat kepada Ketua Pokja Pangan, Industri Pertanian dan Kehutanan KEIN RI, Benny Pasaribu di Kantor Bupati Dairi, belum lama ini. 

TRIBUN-MEDAN.COM, DAIRI - Bupati Dairi Eddy Berutu menerima kunjungan kerja Komite Ekonomi Industri Nasional (KEIN) RI di Kantor Bupati Dairi baru-baru ini.

Dalam pertemuan itu, Eddy mengemukakan sejumlah persoalan yang dihadapi petani di Dairi, antara lain pengetahuan petani yang minim soal teknik budidaya pertanian modern dan infrastruktur jalan banyak yang rusak.

"Sekarang ini kita memerlukan alat-alat pertanian, serta keahlian tertentu untuk membantu petani memanfaatkan lahan pertanian yang ada, sehingga produksi bisa melonjak," ujar Eddy di hadapan Pokja Pangan, Industri Pertanian dan Kehutanan KEIN RI, Benny Pasaribu.

Eddy mengatakan, pertanian merupakan pilar pembangunan Kabupaten Dairi. Sebab, 49 persen wilayah Dairi adalah lahan pertanian dan kontribusi sektor pertanian terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) sebesar 46 persen.

Di Dairi, lanjut Eddy, masih banyak petani belum tergabung dalam kelompok tani, sehingga belum tersentuh fasilitas pemerintah.

Hal itu diperparah oleh kurangnya pengetahuan tentang teknik budidaya pertanian yang baru dan manajemen para petani di Dairi yang masih autodidak.

Untuk membangkitkan sektor pertanian, sambung Eddy, langkah awal yang menjadi prioritas ialah pembenahan infrastruktur jalan.

Hal ini berguna untuk menunjang penurunan biaya logistik para petani saat memasarkan hasil taninya.

"Konektivitas terhadap pusat-pusat produksi pertanian masih jauh dari harapan, akibat sarana infrastruktur yang belum memadai," keluh Eddy.

Lebih lanjut, Eddy mengatakan, Kabupaten Dairi membutuhkan sumber daya manusia yang ahli di bidang pertanian untuk mengembangkan produksi komoditas unggul di Dairi.

Halaman
12
Penulis: Dohu Lase
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved