Ancaman Flu Singapura, Dinas Kesehatan Medan Siagakan Petugas

Penyakit Flu Singapura ini juga dikenal dengan penyakit mulut dan kaki Hand, Foot and Mouth Disease (HFM).

Ancaman Flu Singapura, Dinas Kesehatan Medan Siagakan Petugas
TRIBUN MEDAN
Virus flu singapura yang dialami oleh anak-anak yang menimbulkan bintik-bintik merah dan berisi seperti air. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Flu Singapura tampaknya mulai menyebar di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut). Di beberapa kecamatan diketahui ada sejumlah anak yang terjangkit penyakit ini.

Penyakit flu Singapura adalah infeksi menular yang disebabkan oleh virus. Dimana, penyakit ini menyerang anak-anak.

Penyakit Flu Singapura ini juga dikenal dengan penyakit mulut dan kaki Hand, Foot and Mouth Disease (HFMD) yang memiliki ciri-ciri seperti bintik-bintik berair, demam tinggi, dan sariawan di dalam mulut, tangan, serta kaki.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Medan Edwin Effendi mengatakan, mengenai Flu Singapura, hingga saat ini dinas belum menerima laporan data-data pasti.

Meski begitu, kasus ini termasuk pemantauan dan pengawasan melalui sarana kesehatan. Namun, semua kasus yang masuk, menjadi pemantauan dan pengawasan Dinkes.

"Pemantauan melaui sarana prasarana kesehatan. Kalau ada laporan kejadian kasus khusus. Sampai saat ini, kita belum ada terima laporan ke fasilitas kesehatan," katanya.

Setiap laporan yang akan masuk nantinya, akan didiagnosa bedasarkan keluhan, gejala klinis yang spesifik, gejala pendukung dan laboratorium untuk menegakkan diagonosa.

Meski belum mendapatkan laporan penderita secara pasti, ia tetap mengantisipasi kemungkinan kejadian ini untuk Kota Medan.

"Antisipasi tetap pada kewaspadaan dan siaga petugas di pelayanan dengan keluhan spesifik. Kita akan telurusuri, dari mana penularan sampai pada riwayat dan penyebabnya," terangnya.

(cr17/tribun-medan.com)

Penulis: Nanda Rizka Nasution
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved