Aneh, Hakim Tengku Oyong 'Bebaskan' Terdakwa WN Malaysia Norzambri Dengan Rehabilitasi 6 Bulan

Memerintahkan agar terdakwa Norzambri bin Zainal untuk menjalani perawatan dan perobatan di pusat rehabilitasi selama 6 bulan

Aneh, Hakim Tengku Oyong 'Bebaskan' Terdakwa WN Malaysia Norzambri Dengan Rehabilitasi 6 Bulan
TRIBUN MEDAN/VICTORY HUTAURUK
Majelis hakim yang diketuai oleh Tengku Oyong memvonis Warga Negara (WN) Malaysia, Norzambri bin Zainal (52) dengan hukuman rehabilitasi selama 6 bulan di PN Medan, Kamis (11/7/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Majelis hakim yang diketuai oleh Tengku Oyong memvonis Warga Negara (WN) Malaysia, Norzambri bin Zainal (52) dengan hukuman rehabilitasi selama 6 bulan di PN Medan, Kamis (11/7/2019).

Hakim memerintahkan terdakwa asal Blok B-18-2 Metro Politan PJU-12 Petaling Jaya Selangor dibebaskan dari tahanan dan direhabilitasi di Klinik Yayasan Mitra Masyarakat Sehat, Medan.

"Memerintahkan agar terdakwa Norzambri bin Zainal untuk menjalani perawatan dan perobatan di pusat rehabilitasi selama 6 bulan," tandas hakim Oyong di Ruang Cakra 6.

Menurut majelis hakim, selain dijatuhi pidana, terdakwa Norzambri juga perlu untuk mendapatkan perawatan.

Terdakwa dinyatakan terbukti mengkonsumsi sisa sabu dalam bong. Alhasil, majelis hakim memerintahkan agar warga itu bebas dari tahanan.

"Mengadili, menyatakan terdakwa Norzambri bin Zainal dinyatakan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah telah melakukan penyalahgunaan narkotika untuk diri sendiri. Memerintahkan terdakwa dibebaskan dari tahanan," pungkas hakim Oyong.

Dalam pertimbangan hukumnya, majelis hakim menyatakan bahwa hal yang memberatkan, perbuatan terdakwa bisa merusak masyarakat umum. Sedangkan hal yang meringankan, terdakwa mengakui dan menyesali perbuatannya.

Amar putusan ini sangat jauh dari Tuntutan jaksa dengan 3 tahun 6 bulan penjara yang diberikan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Jacky Situmorang kepada dimentahkan.

Menanggapi putusan itu, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Pengganti, Ramboo Sinurat dan terdakwa sepakat menyatakan pikir-pikir.

Di luar sidang saat ditemui, JPU Jacky Situmorang yang menangani kasus ini langsung menyatakan banding ke Pengadilan Tinggi (PT) Medan.

Disinggung apakah akan melakukan eksekusi terhadap terdakwa, JPU Jacky menyebut bahwa tidak melakukan hal tersebut.

Halaman
12
Penulis: Victory Arrival Hutauruk
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved