Calon Jemaah Haji Kloter I Medan Berangkat ke Tanah Suci Besok

393 Jemaah termasuk 5 Petugas akan diterbangkan menggunakan Pesawat Garuda Indonesia dengan Nomor Penerbangan GA 3101.

Calon Jemaah Haji Kloter I Medan Berangkat ke Tanah Suci Besok
TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR
Jemaah calon haji kloter pertama asal Medan melakukan proses administrasi saat tiba di Asrama Haji Embarkasi Medan, Kamis (11/7/2019). Sebanyak 393 jemaah calon haji kloter pertama tersebut melakukan proses administrasi, pemeriksaan kesehatan, dan istirahat di pemondokan asrama haji untuk selanjutnya diberangkatkan pada Jumat (12/7). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Calon Jemaah Haji Kloter I Asal Keberangkatan Medan direncanakan bertolak ke Tanah Suci pada Jumat (12/7/2019) sore besok.

Lebih kurang 393 Jemaah termasuk 5 Petugas akan diterbangkan menggunakan Pesawat Garuda Indonesia dengan Nomor Penerbangan GA 3101.

Humas Kanwil Kementerian Agama Sumatera Utara Abdul Azhim saat ini para jemaah sudah dimudahkan dalam pengurusan paspor pada penyelenggaraan haji tahun ini. Selain itu, ada penambahan kota haji, yanga mana tahun sebelumnya hanya 21 kloter.

"Dulunya kita ada 6.000 calon jemaah haji sekarang sudah bertambah menjadi 8.000-an," ujarnya.

"Saya gak ingat angkanya soalnya sedang dihitung oleh pihak dokumnetasi. Tahun ini kita ada 22 kloter bahkan bisa bertambah jika memungkinkan," ujar Azhim dalam wawancara kepada wartawan, Kamis, (12/7/2019)

Setiap jemaah haji, dijelaskannya akan melalui tahapan kesehatan sebelum beristirahat semalam di Asrama haji. Para calhaj diperiksa secara intensif oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Medan untuk melihat risiko penyakit yang nantinya bisa saja terjadi di tanah suci.

Para jemaah haji juga akan diberikan gelang barcode yang nantinya memudahkan petugas mengawasi selama di tanah suci.

"Jadi para jemaah setelah beristirahat, malamnya akan diberikan pebinaan dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH). Dan puji syukur acara ini cukup lancar. Belum ada jemaah yang mengalami kesulitan ataupun penyakit kambuh," ujar Azhiem.

Ia menuturkan kloter embarkasi Medan berpeluang bertambah jika ada gabungan penerbangan dari Padang dan Banda Aceh yang barangkali mengisi kuota Haji 2019.

(cr15/tribun-medan.com)

Penulis: Alija Magribi
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved