KPU Sumut Jalani Sidang Sengketa Pileg dari 15 Pemohon

Ira mengatakan forum tersebut dibagi dalam tiga sidang panel. Sumut tergabung di dalam panel I bersama Provinsi Papua Barat.

KPU Sumut Jalani Sidang Sengketa Pileg dari 15 Pemohon
TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR
Komunitas Becak Motor (Betor) menggelar aksi doa bersama sambil menyampaikan aspirasi, di depan kantor KPU Sumut, Jumat (19/4/2019). Dalam aksinya mereka menyampaikan aspirasinya atas pelaksanaan Pemilu di Sumatera Utara berjalan tertib, lancar, aman dan damai serta tetap menunggu hasil Pemilu 2019 yang resmi dari KPU. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Proses Perselisihan Hasil Pemilihan Umum ( PHPU) yang dilaksanakan di Mahkamah Konstitusi (MK) kini terus bergulir.

Komisioner KPU Sumut, Ira Wirtati kepada Tribun/www.tribun-medan.com, menjelaskan, KPU Sumut telah mengikuti sidang pendahuluan MK dengan agenda pembacaan pokok permohonan pemohon.

Ira mengatakan forum tersebut dibagi dalam tiga sidang panel. Sumut tergabung di dalam panel I bersama Provinsi Papua Barat.

"Sumut ada 15 pemohon meliputi dua DPD dan 13 partai," ujarnya, Kamis (11/7/2019).

Ira menjelaskan, sidang lanjutan untuk Sumut dilaksanakan hari rabu 17 Juli mendatang. "Dengan agenda penyampaian jawaban termohon dan penyampaian alat bukti tambahan," katanya.

Sementara itu, kata Ira, Papua Barat terdapat 10 pemohon meliputi 8 partai, satu perseorangan dan satu Caleg DPD. "Total di panel I ada 25 perkara," tambahnya.

Untuk panel II, kata Ira terdapat empat provinsi yaitu Maluku, Gorontalo, DI Yogyakarta dan Kepri.

"Maluku ada 14 pemohon partai, Gorontalo ada tiga pemohon partai, DI Yogyakarta ada dua pemohon partai, Kepri tujuh pemohon partai dengan total 26 perkara," katanya.

Sementara itu untuk Panel III, menurut Ira, terdapat provinsi Sumatera Barat, Sulawesi Tenggara dan Kalimantan Timur.

"Sumbar ada enam pemohon partai, Sultra ada 11 pemohon meliputi delapan pemohon partai, satu perseorangan, dan dua DPD. Kaltim ada lima pemohon partai denhan total 22 perkara," katanya.

Dengan demikian, lanjut Ira, hari ini KPU telah menghadapi sidang pendahuluan PHPU Pileg untuk pemeriksaan, sembilan provinsi, 66 partai, dua perseorangan, dan lima DPD

"Sehingga total menghadapi 73 perkara dalam sidang pemeriksaan pendahuluan pada hari kedua," pungkasnya.

(gov/tribun-medan.com)

Penulis: Fatah Baginda Gorby Siregar
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved