Pengamat Kesehatan Minta Warga tak Khawatir Soal Flu Singapura, Cukup Minum Obat dan Istirahat

Flu Singapura merupakan penyakit yang menular dan penularannya terjadi melalui udara atau pernafasan sehingga cukup berbahaya

Pengamat Kesehatan Minta Warga tak Khawatir Soal Flu Singapura, Cukup  Minum Obat dan Istirahat
TRIBUN MEDAN
Pengamat Kesehatan Minta Warga tak Khawatir Soal Flu Singapura, Cukup Minum Obat dan Istirahat. Pengamat Kesehatan Minta Warga Medan Tak Khawatir Soal Flu Burung, Cukup Minum Obat dan Istirahat. Virus flu singapura yang dialami oleh anak-anak yang menimbulkan bintik-bintik merah dan berisi seperti air. 

Pengamat Kesehatan Minta Warga tak Khawatir Soal Flu Singapura, Cukup Minum Obat dan Istirahat

TRIBUN-MEDAN.com- Penyakit Flu Singapura atau yang juga disebut Hand, Foot, and Mouth Disease (HFMD) merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang tergolong kepada enterovirus.

Pengamat Kesehatan Sumut, Dr Umar Zein, kepada Tribun, mengatakan, gejala Flu Singapura mirip dengan gejala flu pada umumnya yaitu demam dan tenggorokan sakit.

“Flu Singapura merupakan penyakit yang menular dan penularannya terjadi melalui udara atau pernafasan sehingga cukup berbahaya,” ujarnya, Kamis (11/7/2019).

Ia menjelaskan, tidak ada pengobatan khusus untuk penyakit Flu Singapura karena penyakit tersebut disebabkan oleh virus dan jika ada yang terkena penyakit tersebut maka proses pengobatan awalnya bisa dengan meminum obat demam.

“Jika penderitanya adalah anak-anak maka tindakan awalnya adalah anak tersebut jangan keluar rumah atau mengurangi aktivitas di luar ruangan hingga sembuh karena rentan menular kepada teman-temannya,” jelasnya.

Baca: Afiful Huda Yakin Mampu Jinakkan Imam Bagus Kurnia saat Bertemu PSCS Cilacap

Baca: UDAR 5 Fakta Gubernur Kepri yang Terjaring OTT KPK, Mulai Dugaan Suap Reklamasi hingga Jumlah Uang

Baca: 30 Orang Calon Jemaah Haji dari Sumut Gagal Berangkat ke Tanah Suci, Ini Penyebabnya

Ia menerangkan, jika timbul gejala-gejala penyakit tersebut maka ada baiknya langsung dibawa ke dokter agar dicek apakah benar mengidap penyakit tersebut atau penyakit yang lain karena banyak penyakit yang gelajanya mirip.

“Tetapi jika sudah timbul ruam-ruam merah pada telapak tangan, kaki dan mulut maka hal tersebut sudah dipastikan cenderung mengarah ke Flu Singapura,” terangnya.

Baca: AKHIRNYA Mahfud MD Angkat Bicara soal Pemulangan Habib Rizieq Syarat Rekonsiliasi dari Prabowo

Baca: Berkat Kekuatan Doa Seorang Ibu, Gandham Kiran yang Sudah Divonis Mati Hidup Kembali

Baca: HARGA Tiket Turun, Bandara Internasional Kualanamu Dipadati Calon Penumpang, TONTON VIDEONYA. .

Ia mengungkapkan, pada anak yang menderita penyakit tersebut maka akan sulit makan dan sulit menelan karena ada rasa nyeri di mulut akibat dari adanya ruam pada selaput lendir di mulut.

“Ruam tersebut umumnya di kaki, tangan dan mulut makanya disebut tangan kaki dan mulut yang tentunya sangat mengganggu,” ungkapnya.

Halaman
1234
Penulis: Ayu Prasandi
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved