Tiket Murah Hanya Tiga Hari Seminggu, Begini Respons Pesantiket dan Asita

Maskapai LCC seperti Citilink dan Lion Air diwajibkan menerapkan tarif 50 persen lebih murah dari Tarif Batas Atas (TBA) yang telah ditentukan.

Tiket Murah Hanya Tiga Hari Seminggu, Begini Respons Pesantiket dan Asita
TRIBUN MEDAN / NATALIN
Owner Pesantiket.co.id, Multin Silvia atau kerab disapa Vhia menunjukkan beberapa rute penerbangan di telepon genggamnya. Harga tiket pesawat tak bisa diprediksi. 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Penurunan harga tiket pesawat maskapai penerbangan berbiaya murah atau low cost carrier (LCC) di waktu tertentu mulai berlaku hari ini, Kamis (11/7/2019).

Maskapai LCC seperti Citilink dan Lion Air diwajibkan menerapkan tarif 50 persen lebih murah dari Tarif Batas Atas (TBA) yang telah ditentukan.

Hal itu berlaku untuk penerbangan pada hari Selasa, Kamis dan Sabtu untuk jadwal penerbangan pukul 10.00 sampai 14.00 waktu setempat.

"Saya melihat turunnya harga tiket terkesan setengah hati, karena hanya pada hari tertentu dan jam-jam tertentu saja. Masalahnya quota tiket murah juga terbatas hanya 30 persen. Sehingga secara umum harga tiket tetap terasa mahal," ujar Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Sumut, Solahudin Nasution.

Solahudin mengatakan pertanyaannya apakah kalau pada peak season seperti Idul Fitri, Tahun Baru, hari-hari libur yang jatuh pada Hari Senin, Kamis dan Sabtu harga tiket bisa murah?

"Seharusnya TBA yang direvisi, tidak harus murah, tetapi harga yang pantas, dan tidak diluar kepatutan seperti harga yang berlaku akhir-akhir ini yang sangat mahal," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang berbeda, Owner Pesantiket.co.id, Multin Silvia atau kerab disapa Vhia mengatakan harga tiket pesawat sempat turun sesuai hari yang dijadwalkan.

"Harga tiket pesawat enggak bisa diprediksi. Ini yang baru mau menurunkan harganya baru Citilink. Tadi memang sempat turun tapi sesuai hari di jadwal, baru tadi dicek lagi eh udah naik lagi harga tiketnya," ucap Vhia.

Ia menjelaskan bagi penumpang yang ingin pesan tiket harus sabar karena sistem dapat berubah sewaktu-waktu dan saat memesan tiket jangan tergesa-gesa.

"Ada yang bilang kalau mau dapat tiket murah pesan tiketnya di H-3 keberangkatan tapi ya balik lagi, sistem yang mengatur semuanya. Harga mahal dan murahnya tiket enggak bisa diprediksi, ya semuanya tergantung hoki kalau pas dapatnya murah ya murah, paling bedanya cuma Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribuan," ujarnya.

Vhia berharap kedepannya, pihak maskapai lebih konsisten dalam menurunkan harga tiket.

"Kalau sudah turun ya turun saja, jangan labil, kadang turun tapi cuma beberapa menit terus naik lagi tak turun-turun. Ya tiket murah itu kayak dulu, penerbangan Medan ke Jakarta cuma Rp 800 ribu sampai Rp 900 ribuan," ucapnya.

(nat/tribun-medan.com)

Penulis: Natalin Sinaga
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved