60 Orang Bersaing Jadi Duta Bahasa Sumut, Diutamakan Generasi Millenials yang Paham Teknologi

Kasubbag Tata Usaha Balai Bahasa Sumatera Utara, Salbiyah Nurul Aini mengatakan lebih dari 160 peserta telah melewati tahap seleksi menjadi 60 besar.

60 Orang Bersaing Jadi Duta Bahasa Sumut, Diutamakan Generasi Millenials yang Paham Teknologi
TRIBUN MEDAN/GITA TARIGAN
Keseruan Para Calon Duta Bahasa Sumatera Utara saat bermain games kekompakan tim, yang dilaksanakan di Hotel Polonia, Jalan Jendral Sudirman Nomor 14, Jumat (12/7/2019) 

TRIBUN-MEDAN.com - Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Balai Bahasa Sumatera Utara (BBSU) kembali adakan Pemilihan duta Bahasa Sumatera Utara (Sumut) 2019 di Hotel Polonia, Jalan Jendral Sudirman Nomor 14, Jumat (12/7/2019)

Pemilihan Duta Bahasa Sumut kali ini dilaksanakan selama tiga hari mulai 11 hingga 13 Juli.

Kasubbag Tata Usaha Balai Bahasa Sumatera Utara, Salbiyah Nurul Aini mengatakan lebih dari 160 peserta telah melewati tahap seleksi menjadi 60 besar.

Dari 60 besar tersebut, kata Nurul diseleksi kembali dengan berbagai tes seperti kemampuan berbahasa Indonesia, Bahasa Asing, Bahasa Daerah, termasuk wawasan umum.

"Dari 60 besar itu duta seleksi kembali menjadi 20 besar, dan 20 besar ini lah yang menjadi finalis ikut karantina selama tiga hari. 20 orang ini terdiri dari 10 perempuan dan laki-laki, kalau peseryanya beragam tapi yang jelas Mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan disini, ada dari Nias, Kisaran , Gunung Sitoli, Deliserdang, Labuhan Batu, Karo dan lainnya," katanya

Selama 3 hari 20 calon Duta Bahasa akan di bekali pengetahuan seputar kebahasaan, program balai bahasa, literasi, motivasi diri, kewirausahaan, kerjasama tim dan masih banyak lagi.

Selain menguasai bahasa Indonesia, daerah serta bahasa asing, para peserta juga diuji sejauh mana mereka paham dan tau tentang seni daerah mereka masing-masing.

"Untuk besok mereka akan memaparkan makalah, atau program kerja apabila nantinya mereka terpilih menjadi duta bahasa, juga akan ada juga latihan koreografi untuk acara puncak," katanya.

Untuk acara puncak yang akan dilaksakan pada tanggal 13 Juli, 20 peserta akan diseleksi kembali menjadi 10 peserta yang terdiri dari 5 laki-laki dan 5 perempuan.

Dari 5 pasang tersebut akan dipilih sepasang duta utama yang akan diikut sertakan dalam seleksi duta bahasa tingkat nasional yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus di Jakarta.

Halaman
12
Penulis: Gita Nadia Putri br Tarigan
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved