Detik-detik Satnarkoba Polres Binjai Gerebek Lapak Isap Sabu di Rumah Panggung

Ada enam orang diamankan dalam penggerebekan dan pengembang di Jalan Nuri. Selama ini kami dapat info dari masyarakat ada rumah Wak Bar sering jadi

Detik-detik Satnarkoba Polres Binjai Gerebek Lapak Isap Sabu di Rumah Panggung
TRIBUN MEDAN/DEDY KURNIAWAN
Satnarkoba Polres Binjai gerebek lapak isap sabu Rumah Panggung di Kawasan Lembah Sungai Mencirim, Binjai Timur, Jumat (12/7/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com, BINJAI - Satuan Reserse Narkoba Polres Binjai melakukan penggerebekan di Jalan Nuri Kelurahan Mencirim, Kecamatan Binjai Timur, Kota Binjai.

Enam orang diamankan dari lapak isap sabu berhasil kabur Wak Bar.

Ratusan penduduk sekitar terlihat mengerumuni satu rumah panggung yang selama ini disebut-sebut lapak isap sabu.

Petugas melakukan penggeledahan di rumah Wak Bar dan ditemukan barang bukti berupa 1 paket kecil diduga sabu berat bruto 1,24 gram, sepaket kecil diduga ganja kering berat bruto 0,76 gram, satu timbangan elektrik, sebungkus besar plastik klip kosong, 1 set alat isap sabu, dua kaca pirek dengan kompengnya dan satu dompet biru tempat simban sabu.

"Ada enam orang diamankan dalam penggerebekan dan pengembang di Jalan Nuri. Selama ini kami dapat info dari masyarakat ada rumah Wak Bar sering jadi lapak nyabu. Mereka sekarang masih diperiksa intensif untuk tindak lanjut," kata Kasubbag Humas Polres Binjai Iptu Siswanto Ginting usia salat berjemaah, Jumat (12/7/2019)

Dijelaskannya, penggrebekan yang dilakukan polisi sejak Kamis 11 Juli 2019 sore. Hasilnya, 6 orang diangkut ke Mapolres Binjai. Dari 6 orang, dua di antaranya hasil urinnya negatif.

Mereka yang hasil urinnya negatif adalah, M Nur Tanjung (25) dan Zulkarnain (41) warga Jalan SM Raja Kelurahan Nangka Kecamatan Binjai Utara sudah dipulangkan kepada keluarga. Sisa empat orang merupakan kurir dan pengguna sabu.

Untuk pengguna sabu yang mengantongi hasil urine positif yakni, Malik (31) warga Jalan Nuri Gang Brona Kelurahan Mencirim Kecamatan Binjai Timur dan Heri Irawan (31) warga Jalan Ikan Tenggiri Kelurahan Timbang Langkat Kecamatan Binjai.

Menurutnya, Polres menyerahkannya kepada BNNK Binjai.

"Kekuatan personel yang dikerahkan masing-masing dari Sat Narkoba ada 17 personel, Sat Binmas ada 3 personel, Sat Reskrim 4 personel, Sat Sabhara 7 personel, Sat Intelkam 3 personel dan Seksi Propam ada 2 personel," jelasnya.

Dari tangan Rahmad Hidayat dan Lutfi Azmi selaku kurir, polisi menyita barang bukti sepaket kecil diduga sabu berat bruto 0,19 gram dan satu sepeda motor Honda Vario warna putih.

Kasat Reserse Narkoba Polrea Binjai, AKP Aris Fianto turut memimpin langsung penggrebekan berdasarkan Surat Perintah Penyelidikan Nomor 02/VII/2019/Resba dan Surat Perintah Tugas Nomor 930/VII/Res.4/2019.

Wak Bar juga diduga menyediakan tempat isap sabu kepada pembeli di pinggiran sungai. Polisi melakukan penyelidikan selama tiga hari. Terduga bandar Wak Bar cukup rapi melakukan penjualan narkotika. Wak Bar tidak berhubungan langsung dengan pembeli.

"Wak Bar pakai pemuda setempat Rahmat Hidayat yang merupakan orang suruhan atau kurir dari Wak Bar," kata Kasat Res Narkoba, AKP Aris Fianto.

Penggrebekan diawali dengan melakukan undercover buy kepada Rahmat untuk memesan sabu. Setengah jam kemudian, sabu yang dipesan diberikan oleh Rahmat dan Lutfi. Saat menyerahkan sabu kepada petugas, keduanya dibekuk dan dilakukan pengembangan penggrebekan terhadap lokasi ini.

(dyk/tribun-medan.com)

Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved