Sekolah Negeri di Binjai Kalah Pamor dari Sekolah Swasta

Bisa jadi karena kalah pamor dengan fasilitas SMP Swasta, ada SMP Negeri yang kurang peminat kalah dalam kualitas dan fasilitas,

Sekolah Negeri di Binjai Kalah Pamor dari Sekolah Swasta
Facebook.com/Smp Negeri 5 Kota Binjai
SMP Negeri 5 Kota Binjai 

TRIBUN-MEDAN.com, BINJAI - SMP Negeri di Binjai kurang diminati dan kalah pamor dengan kualitas sejumlah SMP Swasta Binjai. Dari 15 SMP, terdapat tiga SMP Negeri yang masih kekurangan peserta didik Tahun Anggaran 2019.

Ketua Komisi C DPRD Binjai, Irfan Asriandi S.Kom mengatakan, faktor SMP Negeri di Binjai kekurangan siswa terutama karena fasilitas sarana dan prasarana. Selain itu faktor lokasi yang jauh dari rumah orang tua peserta didik.

"Bisa jadi karena kalah pamor dengan fasilitas SMP Swasta, ada SMP Negeri yang kurang peminat kalah dalam kualitas dan fasilitas, belum lengkapnya seperti laboratorium komputer, perpustakaan, akses sarana prasarana transportasi, lokasi di pinggiran," katanya.

Selain itu, sistem kebijakan zonasi dari pemerintah masih belum sejalan dengan pemerataan kualitas SDM tenaga pengajar, pemerataan pembangunan sarana dan prasarana SMP yang berada di pinggiran kota.

"Hakikat zonasi adalah pemerataan jumlah siswa, namun, kenyataannya belum sesuai diharapkan. Bisa juga faktor pemerataan kualitas guru dan pembangunan. Tugas Dinas Pendidikan harus giat upgrade SDM guru ikuti zaman," ujarnya.

Pria yang berkecimpung di Partai Amanan Nasional ini menyatakan, terdapat beberapa kekurangan Dinas Pendidikan yang perlu diperbaiki. Satu di antaranya terkait sisten teknologi informasi yang bisa dikatakan belum melek sepenuhnya.

"Temuan kami sidak, masalah bujur lintang yang ditentukan sekolah ada yang belum sesuai. Kami cek rupanya bujur lintangnya salah, jadi sudah diverifikasi bagi yang komplain, bisa jadi kurang operator atau kurangnya memanfaatkan sistem digital e-gps," pungkasnya.

Diketahui, terdapat tiga SMP Negeri di Binjai yang harus memperpanjang masa Penerima Peserta Didik Baru. Di antaranya SMP Negeri 5, SMP Negeri 8 dan SMP Negeri 10 yang kekurangan siswa. (Dyk/tribun-medan.com)

Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved