Pulang Kampung, Dosen Asal Jakarta Lirik Sekolah Adat Sianjur Mula-mula

Rumah Belajar Sianjur Mula-Mula, didirikan dengan konsep angunan khas Batak Toba yang berada di Kampung Hutabalian.

TRIBUN-MEDAN.com-Bergerak dari Ruma Hela di Desa Simullop, Kecamatan Pangururan, rombongan Komunitas Ruma Hela dengan mini bus menyusuri jalan lingkar Pusuk buhit untuk menemui anak-anak didik sekolah adat "Rumah Belajar Sianjur Mula-mula" yang didirikan Reinhard Nagoes Puratus Sinaga ke desa Singkam Kecamatan Sianjur Mula-mula Kabupaten Samosir, Sabtu (13/7/2019).

Satu di antara rombongan tersebut, Engelbertha Evantine Silalahi, Pembina Komunitas Ruma Hela yang fokus membina warga Batak mempertahankan budaya.

Tiba di Singkam, mereka disambut anak-anak sekolah adat Rumah Belajar Sianjur Mula-mula. Berinteraksi dengan anak-anak desa, Engelbertha Evantine Silalahi memotivasi anak-anak yang mayoritas masih duduk di Sekolah Dasar (SD) itu.

"Kalian harus terus semangat menjunjung dan menghayati nilai-nilai luhur Budaya Batak," kata dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya Jakarta ini kepada anak-anak didik Rumah Belajar.

Berbincang dengan Nagoes Puratus pendiri Rumah Belajar Sianjur Mula-mula, Engelbertha Evantine Silalahi menangkap sejumlah kendala yang disampaikan Nagoes yang selama ini serius menjalankan sekolah adat.

Kendala utama yang disampaikan Nagoes menangani rumah belajar di tujuh lokasi adalah kurangnya relawan pengajar, tempat belajar, hingga fasilitas buku. 

Saat ini Nagoes bersama para relawan mendidik kurang lebih 300 orang siswa. Nagoes tamatan sekolah mantri ini bersama volunter yang sebagian anak-anak SMA mengajari anak-anak desa mulai bagaimana mencintai lingkugan, menjaga adat budaya Batak hingga wawasan umum. 

Rumah Belajar Sianjur Mula-Mula, didirikan dengan konsep angunan khas Batak Toba yang berada di Kampung Hutabalian, Desa Sianjur Mula-mula, Kecamatan Sianjur Mula-mula, Kabupaten Samosir. Di rumah belajar hanya tersedia papan tulis hitam, namun semangat generasi muda ini menuntut ilmu menggebu. Lalu ada beberapa tumpukan buku.

Dalam rangka kunjungannya, Engelbertha Evantine Silalahi Kandidat Doktor Ekonomi dari Universitas Malasya Utara ini selain menyengati juga mengatakan akan membangun komunikasi berkelanjutan dengan Rumah Belajar. Di sela-sela pertemuan, dirinya memberikan dukungan dana pembinaan.

Engelbertha mengaku sengaja menyambangi Rumah Belajar Sianjur Mula-mula karena melihat konsistensinya.

"Tujuan kami memberi motivasi agar anak-anak itu tetap konsisten menjunjung budaya Batak," sebutnya. (jun-tribun-medan.com)

Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved