Penjelasan TNI AU Soal Deru Pesawat Tempur di Langit Jakarta

TNI AU dalam twitnya di Twitter menyebutkan, ada delapan pesawat tempur F-16 yang terbang di langit Jakarta, Minggu (14/7/2019).

Penjelasan TNI AU Soal Deru Pesawat Tempur di Langit Jakarta
Sandriani Permani (via Dispen AU)
Salah satu pesawat Tempur TNI AU saat melakukan kegiatan terbang malam. 

TRIBUN-MEDAN.com-Suara dan deru sejumlah pesawat tempur TNI Angkatan Udara (AU) terdengar di langit Jakarta pada Minggu (14/7/2019) pagi ini.

TNI AU dalam twitnya di Twitter menyebutkan, ada delapan pesawat tempur F-16 yang terbang di langit Jakarta, Minggu (14/7/2019).

"Selamat pagi!! Selamat berhari minggu, bagi yang tinggal di pusat Jekardah, hari ini akan ada geladi dalam rangka Fly Past Praspa perwira di Istana Negara, 8 F-16s roar the capital's sky!!" demikian twit akun Twitter resmi TNI AU @_TNIAU, Minggu.

Saat dikonfirmasi, Kepala Subdinas Penerangan Umum TNI AU Kolonel (Sus) Muhammad Yuris mengatakan, peristiwa itu merupakan salah satu bagian dari persiapan pelantikan perwira TNI dan Polri.

"Iya ini bagian dari persiapan pelantikan perwira. (Tanggal) 16 Juli, Selasa besok, ya. Pelantikan perwira dari akademi militer, ada Akademi Angkatan Darat (AD), Akademi Angkatan Laut (AL), dan Akademi Angkatan Udara (AU) dan Akademi Kepolisian," kata Yuris saat dikonfirmasi Kompas.com, Minggu.

Menurut Yuris, mereka nantinya akan dilantik secara bersama-sama di halaman Istana Merdeka yang biasa dijadikan sebagai area upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Kemudian akan dipimpin inspektur upacaranya adalah Presiden Jokowi. Nanti akan dilantik dan diambil sumpahnya," kata dia.

Selain itu, kata Yuris, nantinya juga ada pemberian penghargaan kepada lulusan-lulusan terbaik.

"Istilahnya penghargaan Adhi Makayasa, peraih bintang Adhi Makayasa ya untuk semua (lulusan) terbaik dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara, maupun Akademi Kepolisian," kata Yuris.

Di sela-sela prosesi, Yuris menyebutkan delapan pesawat tempur F-16 TNI AU akan melintas tepat di atas Istana Merdeka.

"Acara tambahan, acara fly pass dari pesawat-pesawat tempur TNI AU melintas tepat di Istana Merdeka. Sesuai cuitan tadi, ada delapan (pesawat)," katanya.

Akan tetapi, Yuris belum bisa menjelaskan secara spesifik berapa jumlah perwira yang akan dilantik.

"Saya harus buka catatan saya, buat jawab itu. Karena saya sedang di luar," kata dia.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mendengar Deru Pesawat Tempur di Langit Jakarta? Ini Penjelasan TNI AU"

Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved