Sebulan Kasus Kebakaran Pasar Lama Sidikalang Berlalu, Terduga Pelaku belum Tertangkap

Para korban mengaku sudah ikhlas kehilangan rumah dan harta benda. Namun, mereka belum bisa terima pelaku bebas berkeliaran.

Sebulan Kasus Kebakaran Pasar Lama Sidikalang Berlalu, Terduga Pelaku belum Tertangkap
TRIBUN MEDAN / DOHU LASE
Seorang warga berjalan di salah satu rumah terbakar di kawasan Pasar Lama Sidikalang, Minggu (14/7/2019). Rumah tersebut sebelumnya didiami oleh BL, pria yang diduga penduduk setempat sebagai pelaku pembakaran. 

TRIBUN-MEDAN.COM, DAIRI - Musibah terbakarnya belasan rumah di kawasan Pasar Lama Sidikalang, Kabupaten Dairi, telah sebulan lebih berlalu.

Kendati tidak menelan korban jiwa, sebanyak 15 keluarga kehilangan tempat tinggal dan harta benda karenanya.

Para korban kebakaran meyakini permukiman mereka sengaja dibakar. Terduga pelakunya berinisial BL, yang juga tinggal di permukiman itu.

Para korban mengaku sudah ikhlas kehilangan rumah dan harta benda. Namun, mereka belum bisa terima pelaku bebas berkeliaran.

Salah satu korban, Syahdin Bintang (62), mengatakan, terduga pelaku BL saat ini sudah tak lagi tinggal bersama mereka di kawasan Pasar Lama Sidikalang. Isu beredar, BL menetap di Kecamatan Parbuluan, Kabupaten Dairi.

"Kalau memang dia enggak tertangkap, jangan sampailah aku lihat dia di sini. Habis dia aku buat," ujar Syahdin, Minggu (14/7/2019).

Syahdin mengungkap, BL suka mabuk-mabukan. Saat mabuk, BL gemar berbuat onar di lingkungan, serta memukuli istri dan orang-orang di rumahnya.

Bila dilarang tetangga, BL tak terima dan mengancam akan membakar rumahnya.

"Sebelum kejadian, sudah tiga kali dia mencoba membakar kampung. Namun, selalu berhasil digagalkan. Terakhir, dia mencoba membakar dengan cara menyalakan kompor dan menumpuk kardus di atasnya. Itu dilakukannya di teras rumahnya," kata Syahdin.

Selain itu, kata Syahdin, para korban mempertanyakan bantuan stimulan yang bulan Juni 2019 lalu diserahkan secara simbolis oleh Bupati Dairi Eddy Berutu.

Halaman
12
Penulis: Dohu Lase
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved