Jelang Akhir Masa Jabatan DPRD, Ranperda RTRW Deliserdang Belum Juga Disahkan

saat ini anggota dewan yang masuk dalam Panitia Khusus (Pansus) Ranperda RTRW ini masih bolak-balik melakukan rapat dan kunjungan kerja.

Jelang Akhir Masa Jabatan DPRD, Ranperda RTRW Deliserdang Belum Juga Disahkan
TRIBUN MEDAN/INDRA GUNAWAN SIPAHUTAR
Pansus Rencana RTRW DPRD Deliserdang menggelar rapat pertemuan dengan berbagai instansi di lantai II kantor DPRD Senin, (15/7/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com - Hingga saat DPRD Deliserdang belum juga dapat mengesahkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Deliserdang tahun 2019-2039.

Menjelang tiga bulan lagi akhir periode jabatan belum ada tanda-tanda kapan pastinya Ranperda itu akan disahkan.

Pada saat ini anggota dewan yang masuk dalam Panitia Khusus (Pansus) Ranperda RTRW ini masih bolak-balik melakukan rapat dan kunjungan kerja.

Rapat terakhir dilakukan pada Senin, (15/7/2019) sore di lantai II kantor DPRD. Pansus menggelar rapat pertemuan dengan berbagai instansi mulai dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hingga Badan Pertanahan Nasional (BPN). Saat itu hanya beberapa anggota Pansus yang terlihat.

Ketua Pansus Rencana RTRW DPRD Deliserdang, Mikail TP Purba usai menggelar rapat mengatakan kedepan mereka masih akan menyurati pihak Kanwil BPN Sumut. Hal ini lantaran BPN Deliserdang tidak memiliki peta dimana-mana saja lahan eks HGU PTPN II berada. Ia optimis kalau dalam waktu dekat Ranperda RTRW bisa segera disahkan.

" Ya dalam waktu dekat ini sudah bisalah ,(disahkan). Yang jadi masalah inikan soal lahan pertanian kita. Untuk jaga swasembada pangan ya lahan eks HGU buat sawah baru saja. Akan kita surati dulu ini BPN untuk meminta mana petanya baru kemudian secepatnya akan kita usahakan untuk disahkan,"kata Mikail yang juga merupakan Ketua Fraksi Partai Golkar.

Berdasarkan catatan Tribun Ranperda RTRW ini lama disahkan karena anggota dewan yang masuk dalam pansus tidak terlalu fokus. Pada rapat terakhir, dari 15 orang anggota Pansus yang ada hanya beberapa yang hadir. Selain Ketua Mikail TP Purba juga ada Henry Dumanter Tampubolon, Said Hadi, Bayu Sumantri Agung, Zul Amri dan Simon Sembiring yang datang. Sementara yang lainnya tidak hadir.

Ranperda Rencana RTRW Kabupaten Deliserdang tahun 2019-2039 ini setiap tahunnya dimasukkan ke dalam Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda). Bahkan Ranperda sudah pernah dimasukkan dalam Propemperda oleh anggota dewan periode 2009-2014. Beberapa kali Ketua Pansus berganti namun Ranperda belum juga disahkan meskipun selalu jadi prioritas.

(dra/tribun-medan.com)

Penulis: Indra Gunawan
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved