Tertangkap Selundupkan Sabusabu asal Malaysia, Sofyan Hadi Dijanjikan Upah Rp 10 Juta

D juga telah memberi kode kepada Sofyan, dengan menyebut istilah "Jemput si Putih" untuk mengetahui barang pesanan.

Tertangkap Selundupkan Sabusabu asal Malaysia, Sofyan Hadi Dijanjikan Upah Rp 10 Juta
TRIBUN MEDAN/MUSTAQIM INDRA JAYA
Salah satu tersangka penyelundup narkotika melalui jalur laut, Sofyan Hadi (bersebo) saat diinterograsi Kapolres Tanjungbalai, AKBP Irfan Rifai di halaman Markas Sat Pol Air Polres Tanjungbalai, Senin (15/7/2019). Tersangka bersama 9,6 kg sabusabu dan 9.820 butir pil ekstasi asal Malaysia tertangkap pada Sabtu (13/7/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com, TANJUNGBALAI - Sofyan Hadi (45) warga Teluk Nibung, Kota Tanjungbalai, satu anak buah kapal (ABK) kapal kayu motor bermuatan 9,6 kg sabusabu dan 9.820 butir pil ekstasi, mengetahui keberangkatan dirinya dan tiga tersangka lainnya ke perbatasan perairan Indonesia-Malaysia untuk menjemput narkotika.

Tersangka mau turut terlibat menjemput barang haram tersebut, setelah salah seorang tersangka lainnya berinisial D menjanjikan akan memberikan upah sebesar Rp 10 juta.

Sebelumnya D juga telah memberi kode kepada Sofyan, dengan menyebut istilah "Jemput si Putih" untuk mengetahui barang pesanan yang akan mereka ambil di tengah laut.

"Dijanjikan upah kalau berhasil bawa pesanan dibayar Rp 10 juta," kata Sofyan saat ditanyai Kapolres Tanjungbalai, AKBP Irfan Rifai, di halaman kantor Sat Pol Air Polres Asahan, Senin (15/7/2019).

Sofyan mengaku kejahatan menyelundupkan narkoba ini baru pertama kali ia lakulan.

"Nggak pak, ini pertama kali,. Nggak ada pak, baru sekali," ujarnya.

Sebelummya pada Sabtu (13/7/2019) sekitar pukul 12.40 WIB, Satuan Polisi Air Polres Tanjungbalai berhasil menggagalkan penyelundupan narkotika asal Malaysia yang dipasok melalui teknik over ship diperairan Sambar, perbatasan Malaysia.

Saat didatangi petugas, tiga tersangka bernisial D, F dan Ulangsung menyeburkan diri ke air. Sedangkan seorang ABK bernama Sofyan Hadi berhasil tertangkap.

Dari kapal petugas menemukan narkotika jenis sabusabu dan ribuan pil ekstasi tersimpan dalam kotak fiber ikan yang terbungkus karung goni.

Selanjutnya, tersangka dan barang bukti dibawa ke Markas Sat Pol Air Polres Tanjungbalai. Sedangkan tiga tersangka yang melarikan diri kini masih dalam tahap pengejaran.

(ind/tribun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved