Petani Ini Ditangkap Polisi Karena Bersihkan Lahan dengan Cara Dibakar

Ps Paur Humas Polres Inhu Aipda Misran mengungkapkan, pelaku membersihkan lahan dengan cara dibakar untuk menanam kacang kedelai.

Petani Ini Ditangkap Polisi Karena Bersihkan Lahan dengan Cara Dibakar
AFP PHOTO / ABDUL QODIR
Petugas berupaya memadamkan kebakaran hutan di Ogan Ilir, Sumatera Selatan, 5 September 2015. Kabut asap kebakaran hutan dan lahan mulai menyebar ke negara tetanga di Asia Tenggara. 

TRIBUN-MEDAN.com - Seorang petani di Desa Rawa Sekip, Kecamatan Kuala Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau, berinisial PS (35)ditangkap atas kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Pelaku ditangkap karena sengaja membersihkan lahan dengan cara dibakar.

Ps Paur Humas Polres Inhu Aipda Misran mengungkapkan, pelaku membersihkan lahan dengan cara dibakar untuk menanam kacang kedelai.

"Pada hari Kamis (11/7/2019), pelaku membakar sampah, ranting dan dedaunan kering di lahannya untuk menanam kacang kedelai. Tapi, saat itu api dapat dipadamkan oleh pelaku," kata Misran, kepada Kompas.com, melalui pesan tertulis, Selasa (16/7/2019).

Namun, keesokan harinya, Jumat (12/7/2019), kata dia, pelaku kembali membersihkan kebunnya dengan cara membakar sampah.

Barang bukti tiga potong kayu bekas terbakar yang diamankan polisi dari lahan yang terbakar milik tersangka PS di Desa Rawa Sekip, Kecamatan Kuala Cenaku, Inhu, Riau, Jumat (12/7/2019).
Barang bukti tiga potong kayu bekas terbakar yang diamankan polisi dari lahan yang terbakar milik tersangka PS di Desa Rawa Sekip, Kecamatan Kuala Cenaku, Inhu, Riau, Jumat (12/7/2019). (Dokumen Polres Inhu (IDON))

Lantaran cuaca panas dan angin kencang, api meluas dan membakar lahan pelaku. Apalagi, lahan pelaku tanah gambut dan mengeluarkan asap tebal.

Atas kejadian tersebut, petugas kepolisian mendapat informasi lalu menuju lokasi kejadian. Petugas terlebih dahulu berupaya memadamkan api.

"Petugas Polsek Kuala Cenaku memadamkan api bersama warga dan BPBD. Luas lahan yang terbakar lebih kurang tiga hektare," ujar Misran.

Setelah dilakukan penyelidikan, lanjut dia, petugas mendapatkan pelaku pembakar lahan, yakni PS.

Petugas kemudian mengamankan dan membawa pelaku ke Polsek Kuala Cenaku untuk diproses lebih lanjut.

Adapun barang bukti yang diamankan petugas berupa korek api dan tiga potong kayu bekas terbakar. "Untuk proses hukum lebih lanjut, pelaku diserahkan Satreskrim Polres Inhu," tutup Misran.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bersihkan Lahan dengan Cara Dibakar, Petani Ini Ditangkap Polisi "

Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved