TRIBUNWIKI

Menikmati Kuliner Sate Matang Bang Nan Khas Aceh di Kota Medan

Anda bisa menikmati kuliner Sate Matang Bang Nan khas Aceh di Jalan Gajah Mada Nomor 56, Kelurahan Babura, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan.

Menikmati Kuliner Sate Matang Bang Nan Khas Aceh di Kota Medan
TRIBUN MEDAN/AQMARUL AKHYAR
Adnan Ishak Pemilik Sate Matang Bang Nan (kanan) saat sedang melayani pembeli. 

TRIBUN-MEDAN.com,Apabila berkunjung ke Kota Medan, Anda tak hanya bisa menikmati kulinernya khas Kota Medan.

Tetapi, anda bisa menikmati kuliner dari khas penjuru daerah yang ada di Indonesia, hari Rabu (17/7/2019).

Satu di antaranya, Anda bisa menikmati kuliner Sate Matang Bang Nan khas Aceh di Jalan Gajah Mada Nomor 56, Kelurahan Babura, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan.

Sate Matang khas Aceh yang dijual di Medan ini tak kalah nikmatnya dengan Mi Aceh khas Aceh yang dijual di Kota Medan. Kemudian, dari cerita pemilik Sate Matang Bang Nan, Adnan Ishak, bahwa Sate Matang ini berasal dari nama daerah yang ada di Aceh yaitu daerah Matang.

Konon ceritanya, dahulu ada seorang perempuan Aceh yang menikah dengan lelaki bersuku Jawa dan hidup menetap di pulau jawa. Di pulau jawa sang laki-laki suami dari perempuan Aceh berdagang lontong sate daging sapi dengan bumbu kacang.

Namun, sang perempuan Aceh ini dengan kepiawaiannya memasak, berinovasi untuk merombak racikan sate kacang tersebut.

Perempuan Aceh ini merombak sajian sate kacang dengan menambahkan kuah soto, bumbu kacang dan sate daging sapi serta nasi yang merupakan sebagai ganti lontongnya.

Suatu ketika, perempuan Aceh ini pulang ke daerah Matang dan memperkenalkan makanan tersebut. Kemudian, hal yang terjadi ialah Sate dengan racikkannya banyak di nikmati orang-orang dari daerah Matang yaitu satu di antara daerah yang ada di Aceh.

Setalah itu, Sate Matang pun menjadi khas masakan daerah Matang dan terkenal sampai saat ini hingga rasanya pun sampai ke lidah para penikmat kuliner di Indonesia. Begitu juga dengan menyebarnya pedagang-pedagang Sate Matang di kota-kota Besar, satu di antaranya di Medan yaitu Sate Matang Bang Nan.

Sate Bang Nan ini sudah sebelas tahun berjualan Sate Matang di Kota Medan. Hal yang membuatnya bertahan karena Sate Matang ini juga digemari masyarakat dan wisatawan Kota Medan.

Halaman
12
Penulis: Aqmarul Akhyar
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved