Wakil Wali Kota Jadi Pembina Upacara di SDN 060873

Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution kembali menjadi pembina upacara. Kali ini di SDN 060873, Jalan Gunung Krakatau, Kelurahan Pulo Brayan

Wakil Wali Kota Jadi Pembina Upacara di SDN 060873
Tribun Medan/HO
Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution kembali menjadi pembina upacara. Kali ini di SDN 060873, Jalan Gunung Krakatau, Kelurahan Pulo Brayan Bengkel, Kecamatan Medan Timur, Selasa (15/7). 

Wakil Wali Kota Medan Akhyar Nasution kembali menjadi pembina upacara. Kali ini di SDN 060873, Jalan Gunung Krakatau, Kelurahan Pulo Brayan Bengkel, Kecamatan Medan Timur, Selasa (15/7/2019).

Lagi, orang nomor dua di Pemko Medan menekankan akan pentingnya menanamkan pendidikan karakater kepada para siswa, terutama disiplin dan menjaga kebersihan. Dengan demikian nantinya siswa akan tumbuh menjadi pribadi yang berkarakter, unggul serta berdaya saing.

Saat memberikan arahan, Wakil Wali Kota mengingatkan agar momentum tahun ajaran baru dapat digunakan untuk memberikan energi baru bagi semua pihak, terutama para siswa dalam rangka mewujudkan Kota Medan menjadi kota yang bersih, asri dan tertata. Hal ini penting agar para siswa menyadari bahwa menjaga kebersihan merupakan tanggung jawab bersama.

‘’Selama dua hari ini, kami sengaja mendatangi sekolah-sekolah untuk mengajak serta mengingatkan guru dan para siswa untuk menanamkan karakter disiplin dan bersih dalam diri masing-masing. Artinya, guru berperan memberi dan menjadi contoh bagi para muridnya.

Selain itu juga, para guru memiliki tugas dan tantangan baru untuk menumbuh kembangkan karakter disiplin dan bersih terhadap setiap siswa sehingga mereka menyadari bahwa kebersihan merupakan tanggung jawab dirinya masing-masing,’’ kata Wakil Wali Kota.

Di sela-sela arahannya, Wakil Wali Kota sesekali menyapa para murid SD yang berbaris secara rapi menggunakan pakaian seragam lengkap dengan atributnya masing-masing. Kemudian Wakil Wali Kota juga mengungkapkan bahwa kebersihan bukan hanya menjadi tanggungjawab petugas kebersihan saja melainkan menjadi tugas semua pihak. Sebab, bersih dapat diwujudkan dari gerakan seluruh masyarakat sehingga dibutuhkan komitmen dari semua pihak.

‘’Kebersihan adalah tanggungjawab kita semua. Jangan menitikberatkan masalah kebersihan kepada petugas. Alangkah lebih baik jika kita juga mampu membantu meringkan pekerjaan mereka dengan membuang sampah sesuai tempatnya agar tidak berserakan, sehingga memudahkan mereka untuk mengangkut dan membawanya ke lokasi pembuangan. Ini tugas kita bersama,’’ tegasnya.

Tak lupa Wakil Wali Kota berpesan khususnya bagi para guru, selain pengajaran mata pelajaran, tenaga pendidik juga harus fokus pada penanaman pendidikan karakter yang mampu menciptakan peserta didik berperilaku tertib, bersih, santun dan beretika. Dengan demikian para siswa akan tumbuh menjadi generasi penerus bangsa yang unggul dan berkarakter sehingga mampu bersaing dan menghadapi tantangan di masa depan.

‘’Kami titip tanggung jawab pendidikan karakter ini kepada bapak dan ibu guru untuk membentuk dan menciptakan anak-anak kita ini menjadi manusia unggul yang berakhlak dan berkarakter. Sebab, mereka adalah investasi bagi Kota Medan yang nantinya diharapkan mampu memberikan kontribusi terbaiknya bagi kemajuan Kota Medan di masa mendatang,’’ harapnya.

Usai upacara, Wakil Wali Kota selanjutnya menyapa dan berinteraksi langsung dengan para siswa. Kemudian dilanjutkan  dengan silaturahmi dengan para guru dan staf untuk bertukar informasi terkait perkembangan maupun mutu pendidikan di Kota Medan. Upacara juga dihadiri Kadis Pendidikan Kota Medan Marasutan Siregar, Camat Medan Timur Odie Batubara, Kepsek SDN 060873 Diana Astuti beserta para kepling dan lurah serta seluruh tenaga pengajar.

Editor: Ryan Nur Harahap
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved