AKHIRNYA Pasukan Elite Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI Lahir Dipimpin Jenderal Bintang Dua

Pasukan elite Koopssus TNI dari matra darat, laut, dan udara yang bercirikan kemampuan khusus dengan tingkat kecepatan gerak dan keberhasilan tinggi.

AKHIRNYA Pasukan Elite Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI Lahir Dipimpin Jenderal Bintang Dua
Istimewa
AKHIRNYA Pasukan Elite Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI Lahir Dipimpin Jenderal Bintang Dua. Gabungan pasukan elit TNI 

AKHIRNYA Pasukan Elite Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI Lahir Dipimpin Jenderal Bintang Dua 

TRIBUN-MEDAN.COM - Akhirnya Indonesia mempunyai pasukan elite yang berasal dari tiga matra yang disebut Komando Operasi Khusus Tentara Nasional Indonesia (Koopssus) TNI.

Pembentukan Koopssus TNI berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 42 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden Nomor 10 Tahun 2010 tentang Susunan Organisasi Tentara Nasional Indonesia, yang diteken Presiden Jokowi, 3 Juli 2019.

Pasukan elite Koopssus TNI dari matra darat, laut, dan udara yang bercirikan kemampuan khusus dengan tingkat kecepatan gerak dan keberhasilan tinggi.

Tujuannya untuk menghadapi ancaman yang memiliki eskalasi tinggi dan dapat membahayakan ideologi Negara, kedaulatan Negara, keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan melindungi segenap bangsa Indonesia.

Perubahan Pertama Atas Peraturan Presiden Nomor 10 Tahun 2010 tentang Susunan Organisasi Tentara Nasional Indonesia dilakukan Presiden Jokowi melalui PERATURAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 62 TAHUN 2016 TENTANG PERUBAHAN ATAS PERATURAN PRESIDEN NOMOR 10 TAHUN 2010 TENTANG
SUSUNAN ORGANISASI TENTARA NASIONAL INDONESIA.

Selama ini, tiap matra di TNI punya pasukan elite masing-masing seperti Kopassus di TNI AD, Denjaka di TNI AL dan Paskhas TNI AU.

Komando Operasi Khusus TNI

Menurut Perpres ini, Komando Operasi Khusus Tentara Nasional Indonesia disebut Koopssus TNI bertugas menyelenggarakan operasi khusus dan kegiatan untuk mendukung pelaksanaan operasi khusus yang membutuhkan kecepatan dan keberhasilan tinggi guna menyelamatkan kepentingan nasional di dalam maupun di luar wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam rangka mendukung tugas pokok TNI.

“Koopssus TNI dipimpin oleh Komandan Koopssus TNI disebut Dankoopssus TNI yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Panglima TNI, dalam pelaksanaan tugas sehari-hari dikoordinasikan oleh Kasum TNI,” bunyi Pasal 46b ayat (2) Perpres ini.

Halaman
1234
Editor: Tariden Turnip
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved