Digitalisasi Proses Operasional: Kunci Daya Saing Bagi Pelaku Bisnis di Medan

Menjawab pentingnya adopsi teknologi untuk bisnis yang lebih kompetitif, Mekari sebagai pionir platform teknologi bisnis berbasis cloud di Indonesia

Digitalisasi Proses Operasional: Kunci Daya Saing Bagi Pelaku Bisnis di Medan
shutterstock
Ilustrasi 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Perkembangan industri 4.0 yang mengedepankan kecepatan dan akses berbasis digital tampaknya akan menyusupi lini-lini perusahaan yang ada di Dunia, tak terkecuali di Indonesia dalam beberapa tahun ke depan. Namun, Menurut studi SMB Digital Maturity Index 2019 yang dilakukan oleh International Data Corporation (IDC), dikemukakan bahwa tingkat kesiapan digitalisasi UKM Indonesia menduduki peringkat dua terakhir dari 14 negara yang disurvei di Asia Pasifik. 

Sebagai Kota Metropolitan, Kota Medan kini dihuni berbagai perusahaan-perusahaan besar yang bergerak di berbagai bidang Industri, Perkembangan ini pun ditandai dengan adanya beberapa Kawasan khusus Industri, berkembangnya pusat-pusat perbelanjaan dan ekonomi kemasyarakatan UMKM.

Jika merangkumnya dalam bingkai provinsi, tercatat ada 2,8 Juta UMKM tahun 2019 (Data Bank BI), dengan porsi pengguna internet di masyarakat berkisar 6,3 persen (Survey APJII, 2019) yang mana terjangkau, ada 75 persen penduduk di Sumut dianggap melek internet. Namun kesadaran terhadap internet ataupun digital belum mampu dieksplorasi perusahaan maupun UMKM di berbagai aspek operasional bisnis.

Solusi Digital untuk Bisnis UKM yang Lebih Produktif

Menjawab pentingnya adopsi teknologi untuk bisnis yang lebih kompetitif, Mekari sebagai pionir platform teknologi bisnis berbasis cloud di Indonesia akan hadir khususnya di kota Medan, untuk membantu digitalisasi operasional perusahaan di aspek pengelolaan karyawan serta pengelolaan finansial dan perpajakan bisnis. 

Adapun produk-produk yang dikembangkan Mekari antara lain Jurnal, Talenta, Sleekr, dan Klikpajak. Jurnal merupakan software untuk pengelolaan pembukuan dan finansial bisnis yang lebih efisien. Sedangkan Talenta dan Sleekr merupakan produk untuk mengotomasi urusan pengelolaan administrasi dan payroll karyawan. Di sisi perpajakan, terdapat produk Klikpajak, mitra resmi Ditjen Pajak, yang mempermudah bisnis untuk pengurusan pajak secara online dan tanpa biaya. 

Jurnal merupakan software untuk pengelolaan pembukuan dan finansial bisnis yang lebih efisien.
Jurnal merupakan software untuk pengelolaan pembukuan dan finansial bisnis yang lebih efisien. (TRIBUN MEDAN/HO)
Talenta dan Sleekr merupakan produk untuk mengotomasi urusan pengelolaan administrasi dan payroll karyawan.
Talenta dan Sleekr merupakan produk untuk mengotomasi urusan pengelolaan administrasi dan payroll karyawan. (TRIBUN MEDAN/HO)

“Produk yang dikembangkan oleh Mekari dirancang untuk memenuhi kebutuhan bisnis skala kecil dan menengah, sehingga harga yang kami tawarkan pun dapat kami pastikan terjangkau untuk bisnis UKM. Dengan demikian, setiap bisnis UKM dapat melakukan digitalisasi dan otomasi proses bisnis sehingga proses manual tidak lagi menjadi hambatan untuk mengembangkan bisnis dengan lebih efisien dan scalable” ungkap Standie Nagadi, VP Marketing Mekari.

Ia menjelaskan model bisnis SaaS merupakan bisnis berbasis cloud atau komputasi awan. Tidak seperti software konvensional yang memerlukan biaya investasi awal yang besar, sistem pembelian yang diterapkan adalah sistem berlangganan atau subscription. Pelanggan hanya akan dibebankan biaya bulanan yang terjangkau, dimulai dari Rp 200 ribu per bulan untuk layanan software akuntansi dan Rp 20 ribu per-karyawan untuk layanan software human resources information system (HRIS).

Solusi dan Pelayanan yang Terfokus di Kota Medan 

Saat ini, operasional Mekari sudah berjalan di beberapa kota di Indonesia seperti Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Bali, dan Makassar. Selain kota-kota tersebut, kini Mekari akan hadir untuk membantu digitalisasi bisnis kecil dan menengah di kota Medan.

Halaman
12
Penulis: Natalin Sinaga
Editor: Ismail
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved