TRIBUNWIKI

Kawasan Jalan T Cik Ditiro, Pusat Menjual Bumbu Pecal dan Sambal Teri Kacang Khas Medan

Sambal Teri Kacang tak ada yang bisa menandingi rasanyanya. Begitu juga dari segi bahan komposisinya, hanya terdapat di Kota Medan.

Kawasan Jalan T Cik Ditiro, Pusat Menjual Bumbu Pecal dan Sambal Teri Kacang Khas Medan
Tribun Medan/Aqmarul Akhyar
Bumbu Pecal dan Sambal Teri Kacang merupakan makanan khas Medan. Pusat oleh-oleh makanan ini terletak di Kawasan Jalan T Cik Ditiro, Kelurahan Madras Hulu, Kecamatan Medan Polonia. Bumbu Pecal dan Teri Sambal ini juga sebagai incaran wisatwan untuk oleh-oleh. 

TRIBUN-MEDAN.com - Makanan khas Kota Medan memang selalu menjadi incaran para wisatawan. Satu di antaranya Bumbu Pecal dan Sambal Teri Kacang, juga merupakan makanan khas Medan, hari Minggu (21/7/2019).

Pusat makanan tersebut, terletak di Kawasan Jalan T Cik Ditiro, Kelurahan Madras Hulu, Kecamatan Medan Polonia. Selain menjadi makanan khas Medan, Bumbu Pecal dan Teri Sambal ini juga sebagai incaran wisatwan untuk oleh-oleh.

Hal ini karena, rasa dari makanan tersebut berbeda dari daerah lain serta bahan komposisinya. Untuk Bumbu Pecal tersendiri banyak mengakui bahwa Bumbu Pecal khas Medan sangat berbeda dengan kota- kota lainnya seperti Kota Jakarta dan Pulau Jawa dan pulau lainnya.

Bumbu Pecal khas Medan lebih menawarkan rasa pedas dan manis keasin-asinan, jika Bumbu Pecal yang ada di Pulau Jawa biasanya manis.

Sementara itu, Sambal Teri Kacang ini juga menjadi makanan favorit wisatawan dan sering dibawa untuk oleh-oleh.

Sebab, Sambal Teri Kacang tak ada yang bisa menandingi rasanyanya. Begitu juga dari segi bahan komposisinya, hanya terdapat di Kota Medan atau Provinsi Sumut saja.

Karena bahanya itu berupa Teri Nasi dalam bahasa sebuta anak Medan. Teri nasi ini hanya ada di lautan Kota Medan atau provinsi Sumut. Selain di lautan Medan atau Provinsi Sumut tak ditemui seperti Teri Nasi khas Medan ini.

Oleh karena itu, dengan rasa yang pedas dan manis keasinan serta dengan teri yang gurih dan kriuh ditambah kacang. Sambal Teri Kacang ini menjadi populer dan favorit di lidah wisatawan Kota Medan.

Biasanya, Sambal Teri Kacang Ini sebagai lauk untuk nasi pada saat sarapan atau makan lontong. Karena lontong Medan juga ciri khasnya pakai Sambal Teri Kacang.

Kemudian, harga yang dijual di Kota Medan 1 Kg Bumbu Pecal senilai Rp 70 ribuan, jika 1/2 Kg harganya Rp 35 ribuan. Kalau, untuk harga Sambal Teri Kacang biasanya di bandrol dengan harga Rp 35 ribu perbungkus.

Halaman
12
Penulis: Aqmarul Akhyar
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved