Hari Anak Nasional, Abyadi Siregar Berharap Fasilitas Anak di Publik Diperbanyak

"Hari ini peringatan Hari Anak Nasional. Tapi, di Sumut masih banyak unit-unit pelayanan publik bagi anak yang sangat kurang memadai," kata Abyadi.

Hari Anak Nasional, Abyadi Siregar Berharap Fasilitas Anak di Publik Diperbanyak
Tribun Medan/M Andimaz Kahfi
Suasana anak-anak saat merayakan HAN pada Minggu (21/7/2019) kemarin. 

TRIBUN-MEDAN.com - Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara Abyadi Siregar berharap fasilitas anak di ruang publik terbanyak.

Peringatan Hari Anak Nasional 2019 yang jatuh pada hari ini menjadi momentum yang diperingati oleh anak-anak di Indonesia.

Namun, untuk pelayanan publik bagi anak harus masih menjadi perhatian di Sumatera Utara.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara, Abyadi Siregar mengatakan bahwa sangat kurangnya fasilitas anak di pelayanan publik harus menjadi perhatian serius yang harus dilakukan.

"Hari ini peringatan Hari Anak Nasional. Tapi, di Sumut masih banyak unit-unit pelayanan publik bagi anak yang sangat kurang memadai," kata Abyadi, Selasa (23/7/2019).

"Bahkan untuk tempat bermain anak masih minim. Jangan untuk anak, untuk umum saja di Sumut pelayanan publiknya belum baik," sambungnya.

Menurut Abyadi, seharusnya pemerintah harus peka terhadap pelayanan dan fasilitas anak disetiap unit-unit atau instansi-instansi pemerintahan. Seperti di publik harus disediakan tempat bermain anak, tapi itu belum semua ada di Sumut.

"Sumut ini belum ramah untuk pelayanan publik bagi anak. Bisa dilihat di unit-unit pelayanan publik di instansi-instansi sehingga hak-hak anak di tempat tersebut belum terlihat. Masih jauh komitmen Sumatera Utara itu ramah anak," urainya.

Sementara itu, pemerintah Kota Medan tengah gencar-gencarnya melaksanakan Medan Kota Layak Anak. Bagi Abyadi hal tersebut hanya sebatas rencana.

"Medan juga sama saja, kota layak anak itu masih sebatas rencana. Memang masih ada sebagian yang sudah diperhatikan untuk anak seperti taman. Namun, di unit-unit atau instansi-instansi belum menjadi perhatian," ungkap Abyadi.

Lebih lanjut, Abyadi berharap baik Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten/Kota harus lebih mengutamakan kepentingan anak khususnya bagi pelayanan publik untuk anak.

"Harapan saya kepada Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota harus memperbaiki pelayanan publik. Jangan sampai fasilitas anak itu diabaikan," pungkas Abyadi. (mak/tribun-medan.com)

Penulis: M.Andimaz Kahfi
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved