Operasi Bayi Kembar Siam Adam dan Malik Sukses, Begini Ungkapan Hati Orang Tuanya

Tim dokter akan kembali melakukan pertemuan untuk kembali melihat dan menilai bagaimana keadaan bayi kembar asal dari Desa Manalu Purba

Operasi Bayi Kembar Siam Adam dan Malik Sukses, Begini Ungkapan Hati Orang Tuanya
TRIBUN MEDAN/MUHAMMAD ANIL RASYID
Ayah bayi kembar siam Adam dan Malik menunjukan foto anaknya yang baru selesai menjalani operasi pemisahan di RSUP H Adam Malik, Selasa (23/7/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com - Akhirnya, Bayi kembar siam Adam dan Malik telah menjalankan proses operasi pemisahan. S

ekitar pukul 11.52 WIB, kedua bayi berusia 7 bulan tersebut berhasil dilakukan pemisahan.

Sebelumnya tim dokter sudah merampungkan pemeriksaan dan memutuskan untuk melakukan operasi pemisahan yang akan dilangsungkan pada 23 Juli 2019 yang bertepatan pada hari ini.

“Operasi berjalan lancar dan selesai operasi pada pukul 11.52 WIB dan saat ini bayi berada di ruangan dengan keadaan baik,” ujar Ketua Tim Dokter RSUP H Adam Malik, Prof. Dr. H. Guslihan Dasa Tjipta SpA (k), saat temu pers, Selasa (23/7/2019).

Besok, Rabu (24/7/2019) tim dokter akan kembali melakukan pertemuan untuk kembali melihat dan menilai bagaimana keadaan bayi kembar asal dari Desa Manalu Purba, Kecamatan Parmonangan, Kabupaten Tapanuli Utara tersebut.

“Yang menyatu adalah organ hatinya dan setelah dioptimalisasi oleh tim dokter kemudian keduanya siap untuk dipisahkan melalui operasi,” ucap Guslihan Dasa Tjipta.

Ia menjelaskan, operasi awalnya dipersiapkan oleh dokter anak dan dokter anastesi, kemudian dilakukan persiapan cukup panjang dan semua untuk mendukung tindakan operasi.

“Setelah kedua bayi tersebut terbius kemudian dilakukan pemasangan perangkat steril mulai dari kulit di sterilkan kemudian ditutup dengan kain steril,” jelasnya.

Sedangkan Ayah dari bayi kembar siam ini juga mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak rumah sakit yang telah berkerja keras untuk melakukan pemisahan terdapat kedua putranya.

"Kepada bapak rumah sakit Adam Malik dan pemerintah, dan tim-tim, terima kasih yang luar biasalah berkat dari bapak semuanya," ucap Juliadi Ayah bayi kembar siam Adam dan Malik.

Ia pun juga berharap, untuk kedua anaknya agar cepat pulih dan bisa untuk segera langsung di bawa pulang ke kampung halaman.

(cr23/tribun-medan.com)

Penulis: Muhammad Anil Rasyid
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved