Rekor Suhu Panas Tertinggi dalam Sejarah Belanda dan Belgia, Tercata 38,9 Derajat Celsius

Belanda dan Belgia dilaporkan sama-sama mencatat rekor suhu panas tertinggi sepanjang sejarah menurut badan meteorologi

Rekor Suhu Panas Tertinggi dalam Sejarah Belanda dan Belgia, Tercata 38,9 Derajat Celsius
RTE.ie
Anak-anak terlihat bermain di air mancur saat suhu panas melanda. (RTE.ie) 

TRIBUN-MEDAN.com - Belanda dan Belgia dilaporkan sama-sama mencatat rekor suhu panas tertinggi sepanjang sejarah menurut badan meteorologi dua negara itu.

David Dehenauw, Kepala Peramal Cuaca Institut Meteorologi Kerajaan Belgia (IRM) berkata, rekor tertinggi mereka tercatat 38,9 derajat Celsius.

Suhu panas itu tercatat di Pangkalan Militer Kleine-Brogel, sekitar 100 kilometer sebelah timur laut ibu kota Brussels, dan dekat dengan perbatasan Belanda.

Dilaporkan AFP Rabu (24/7/2019), dalam kicauannya, Dehenauw menjelaskan kali terakhir negara penghasil cokelat itu mengalami panas adalah 27 Juni 1947.

Diberitakan The Independent, saat itu suhu panas tercatat di Uccle dan mencapai 38,8 derajat Celsius. Namun, angka itu turun menjadi 36,6 derajat Celsius.

Koreksi itu terjadi setelah Belgia memasang alat pengukur suhu yang jauh lebih canggih serta akurat di institut pengamatan Uccle pada 1980 silam.

Sementara dari Institut Meteorologi Belanda, peneliti menyatakan rekor terpanas mereka dicatat di Gilze-Rijen yang berlokasi di kawasan selatan.

Angka yang terpampang adalah 38,8 derajat Celsius, dan mengalahkan rekor suhu panas berusia 75 tahun yang terjadi pada 1944 silam.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Belanda dan Belgia Catat Rekor Suhu Panas Tertinggi dalam Sejarah"

Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved