Hari Anak, Pertamina Gandeng Dinkes dan Komunitas Gelar 'Anak Paten'

Memaknai hari anak nasional 2019 dengan hal positif, Pertamina menggandeng komunitas otomotif, Dinas Kesehatan Kota Medan dan Persatuan Wanita Patra

Hari Anak, Pertamina Gandeng Dinkes dan Komunitas Gelar 'Anak Paten'
TRIBUN MEDAN/HO
GM Pertamina Marketing Operation (MOR) I Agustinus Santanu Basuki melakukan pengguntingan pita atas peresmian Posyandu Amanah Kampung Nelayan Belawan yang baru saja selesai direnovasi 

MEDAN.TRIBUNNEWS.com, MEDAN – Memaknai hari anak nasional 2019 dengan hal positif, Pertamina menggandeng komunitas otomotif, Dinas Kesehatan Kota Medan dan Persatuan Wanita Patra (PWP) dalam kegiatan 'Anak Paten' (Pintar, Sehat dan Senang) di Medan (23/7/2019). Aksi serupa dilaksanakan serentak di tiga lokasi operasi lain yaitu TBBM Pematang Siantar di Sumut, serta DPPU Minangkabau dan TBBM Teluk Kabung di Sumbar. Total bantuan yang digulirkan pada kegiatan ini mencapai 576 juta rupiah.

“Tema hari anak nasional 2019 adalah ‘Peran Keluarga Dalam Perlindungan Anak’. Kami wujudkan dengan kegiatan kesehatan anak dan ibu, serta tur edutainment anak,” ujar Agustinus Santanu Basuki, GM Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I di Posyandu Amanah Kampung Nelayan Belawan, Kelurahan Belawan 1, Medan.

Agustinus Santanu Basuki, GM Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I menyerahkan secara simbolis bantuan dana CSR sebesar 576 juta rupiah dalam perayaan Hari Anak Nasional di SPBU COCO Putri Hijau Medan
Agustinus Santanu Basuki, GM Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I menyerahkan secara simbolis bantuan dana CSR sebesar 576 juta rupiah dalam perayaan Hari Anak Nasional di SPBU COCO Putri Hijau Medan (TRIBUN MEDAN/HO)
Selain peresmian puskesmas, tim PWP dan Dinas Kesehatan Medan melakukan sosialisasi dan pelatihan memasak makanan sehat berbahan dasar ikan dimana kegiatan tersebut merupakan bentuk dari program Sehati.
Selain peresmian puskesmas, tim PWP dan Dinas Kesehatan Medan melakukan sosialisasi dan pelatihan memasak makanan sehat berbahan dasar ikan dimana kegiatan tersebut merupakan bentuk dari program Sehati. (TRIBUN MEDAN/HO)

Posyandu Amanah, lanjut Santanu, merupakan program CSR TBBM Instalasi Medan Group (IMG). “Berangkat dari kepedulian akan tingkat kesehatan warga. Di kampung nelayan Belawan, tercatat 1 kasus kematian bayi dan 1 kasus kematian ibu setelah melahirkan pada tahun 2014," tutur Santanu.

Pertamina MOR I menginisiasi program Sehat Anak Tercinta dan Ibu (Sehati) di kampung nelayan Belawan pada 2015. Sejak itu, angka kematian ibu dan anak mampu dikurangi hingga nol. Kualitas gizi anak pun meningkat, dengan angka balita Bawah Garis Merah (BGM) yang turun hingga 80 persen.

Pada kesempatan itu, dilaksanakan peresmian Posyandu Amanah yang baru direnovasi untuk meningkatkan pelayanan kesehatan. Dilanjutkan dengan sosialisasi dan pelatihan memasak makanan sehat berbahan dasar ikan oleh Dinas Kesehatan Medan dan ibu-ibu PWP. Bahan dasar ikan diperoleh dari usaha keramba apung para kader posyandu.

Selepas pelatihan makanan bergizi, kegiatan Anak Paten dilanjutkan dengan tour ke TBBM IMG untuk mendapatkan penjelasan mengenai operasi Pertamina.
Selepas pelatihan makanan bergizi, kegiatan Anak Paten dilanjutkan dengan tour ke TBBM IMG untuk mendapatkan penjelasan mengenai operasi Pertamina. (TRIBUN MEDAN/HO)
Sebagai bentuk dari tur edutainment anak, kegiatan Anak Paten dilanjutkan dengan tour museum margasatwa Rahmad Gallery.
Sebagai bentuk dari tur edutainment anak, kegiatan Anak Paten dilanjutkan dengan tour museum margasatwa Rahmad Gallery. (TRIBUN MEDAN/HO)

“Keramba apung merupakan program tambahan untuk memandirikan Posyandu Amanah. Penghasilan dari budidaya ikan di keramba, dimanfaatkan untuk tambahan pemasukan warga, dan sebagian disisihkan untuk operasional posyandu,” imbuh Santanu.

Selepas pelatihan makanan bergizi, kegiatan Anak Paten dilanjutkan dengan tour ke TBBM IMG untuk mendapatkan penjelasan mengenai operasi Pertamina. Kemudian menuju museum margasatwa Rahmad Gallery. Komunitas otomotif pengguna Pertamax, Best Partner Community, memberi sumbangsih dengan mengantarkan anak-anak kampung nelayan Belawan.

Sementara itu di TBBM Pematang Siantar, kegiatan serupa dilakukan bersama anak-anak korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Anak-anak ini bernaung dalam Rumah Aman Perlindungan Perempuan dan Anak yang didukung Pertamina MOR I.*

Tim TBBM Pematang Siantar mengunjungi anak-anak korban KDRT yang bernaung dalam Rumah Aman Perlindungan Perempuan dan Anak.
Tim TBBM Pematang Siantar mengunjungi anak-anak korban KDRT yang bernaung dalam Rumah Aman Perlindungan Perempuan dan Anak. (TRIBUN MEDAN/HO)
Editor: Ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved