Panjang Lintasan Spesial Stage APRC 169 KM, Wagub Sumut Yakin Menang

Yang namanya kita ikut bukan hanya bisa mengimbangi pereli asal Italia sajalah, ya harus menang.

Panjang Lintasan Spesial Stage APRC 169 KM, Wagub Sumut Yakin Menang
TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Bupati Deliserdang Ashari Tambunan melepas peserta rally saat pembukaan Asia Pacific Rally Championship (APRC) 2019, di Lubukpakam, Deliserdang, Jumat (26/7/2019). Sumatera Utara kembali menjadi tuan rumah Asia-Pasific Rally Championship (APRC) 2019, yang berlangsung pada 27-28 Juli. 

TRIBUN-MEDAN.com - Bupati Deliserdang, Ashari Tambunan menjamu 62 Pereli yang menjadi peserta Asia Pasific Rally Championship (APRC) makan siang di rumah dinasnya yang berada di Jln Negara Lubuk Pakam Jum,at, (26/7/2019).

Dari 62 peserta itu satu diantaranya adalah Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah.

Jamuan makan siang itu dilakukan setelah pelaksanaan ibadah salat Jumat di masjid dan dihadiri oleh Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi.

Tampak Para Pereli yang akan berjuang hari ini Sabtu, (27/7) di area perkebunan Lonsum yang ada di daerah Rambung Sialang Kabupaten Serdang Bedagai tampak menikmati jamuan makan siang yang disediakan. Jamuan makan siang ini terlaksana dengan baik karena dukungan Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumatera Utara, Faisal Arif Nasution yang juga merupakan Kadis Porabudpar Kabupaten Deliserdang.

Saat diwawancarai Faisal menjelaskan APRC sebenarnya sudah berlangsung selama 30 tahun yang pelaksanaan kegiatannya dilakukan di enam negara seperti untuk di Asia Jepang, Malaysia, India, dan Cina. Sementara untuk di Fasific dilakukan di Australia dan New Zealand. Disebut pelaksanaan APRC tahun 2019 saat ini sedang berjalan sejak bulan April dan Mei di Selendia Baru dan bulan Juni di Jepang dan Australia.

"Untuk di bulan Juli di Indonesia tepatnya di Sumatera dan untuk bulan Agustus di Australia, bulan September di Jepang dan Oktober di Cina. Pelaksanaan APRC tahun 2019 di Sumut menandakan pertama kalinya APRC kembali digelar di Indonesia setelah absen selama satu dekade. Sumut tidak pernah lepas dari reputasi reli di Indonesia karena di tahun 1996/1997 pernah dipercaya menggelar World Rally Championship (WRC). Dengan hadirnya APRC di Sumut sekaligus menandai kebangkitan Reli di Indonesia," ujar Faisal.

Ia membenarkan bahwa satu di antara peserta yang ikut adalah Musa Rajekshah.

Selain itu juga ada pereli asal Italia yaitu Fabio Frisiero yang akan di dampingi oleh Navigator ya Giovanni Agnese. Disebut untuk peserta dalam negeri berasal dari beberapa daerah. Untuk Sumut ada 26, DKI Jakarta 17, Kalimantan Selatan 4, Sulawesi Selatan 4, Jawa Barat 5 dan Jawa Timur dan Banten masing-masing 2.

"Selain Bapak Wakil Gubernur kita pereli nasional yang ikut kompetisi ini yaitu Rizal Sungkar, Subhan Ahsa, Ryan Nirwan dan masih banyak yang lainnya. Jadi pereli akan menjalankan total 10 spesial stage (SS) yang akan dibagi ke dalam dua hari. Pada Sabtunya sebanyak 6 SS dan Minggu 4 SS dengan total jarak keseluruhan 169,53 Km," kata Faisal.

Pelepasan para pereli ini dilakukan langsung oleh Edy Rahmayadi di dampingi Bupati Ashari Jum,at sore di lapangan alun-alun Pemkab. Sebelum mengikuti pelepasan, Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijek menyebut dirinya mengikuti Reli karena sudah mendapat izin dari Eddy Rahmayadi.

"Karena dikasih izin makanya saya ikut. Karenakan sebelum jadi Wagub kegiatan saya memang seperti ini. Kebetulan juga memang belum ada tugas yang penting kali sehingga bisa ikut. Yang namanya kita ikut bukan hanya bisa mengimbangi pereli asal Italia sajalah, ya harus menang," kata Ijek.

Sementara itu Edy Rahmayadi mengatakan karena Sumut sedang menjadi tuan rumah ia meminta agar masyarakat Sumut juga dapat menjadi penerima tamu yang baik. Dirinya berharap agar pelaksanaan APRC ini bisa berjalan dengan lancar.

(dra/tribun-medan com)

Penulis: Indra Gunawan
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved