Bawang Goreng Zaitun, Bawang Goreng Lokal Dengan Rasa Lebih Sedap

Zaitun mengatakan ia menggunakan bawang dari Pulau Jawa dan bawang dari Dairi.

Bawang Goreng Zaitun, Bawang Goreng Lokal Dengan Rasa Lebih Sedap
TRIBUN MEDAN/SEPTRIANA AYU SIMANJORANG
Zaitun Dalimunthe saat memegang bawang goreng buatannya di Lapangan Merdeka, Sabtu (27/7/2019). Zaitun mengatakan bawang merah dari Dairi rasanya lebih enak dan ada rasa manisnya. 

TRIBUN-MEDAN.com - Bawang goreng menjadi salah satu menu pendamping saat makan.

Namun tak semua orang punya waktu untuk membuat bawang goreng

Saat ini banyak ditemukan bawang goreng kemasan yang siap dimakan. Salah satunya Bawang Goreng Zaitun milik Zaitun Dalimunthe.

Zaitun mengatakan ia menggunakan bawang dari Pulau Jawa dan bawang dari Dairi.

Menurutnya bawang merah dari Dairi rasanya lebih enak dan ada rasa manisnya jika dibandingkan dengan berbagai jenis bawang lainnya

"Hanya sayangnya bawang merah dari Dairi ini susah ditemui. Dan sering kita temui bawangnya masih lembab, sehingga bagian dalamnya lembek. Jadi bawang goreng dengan bahan baku bawang dari Dairi hanya akan dipakai jika ada permintaan khusus," ujar Zaitun saat ditemui di Lapangan Merdeka, Sabtu (27/7/2019).

Zaitu memulai usaha bawang gorengnya pada tahun 2008. Di awal tahun 2018 ia mulai mengemas produknya agar tampak lebih menarik dan pasarnya semakin luas.

Usaha ini Zaitun mulai karena anak-anaknya suka menaburkan bawang goreng ke atas makanan. Ia akhirnya sering membuat bawang goreng dan dijual ke teman-teman se kantornya.

Selain dijual kepada teman se kantor, ia juga sering mengikuti bazar. Dari sana ia ditawarkan Dinas Koperasi untuk bergabung. Dari sanalah ia mendaftarkan sertifikat halal, izin PIRT dari Dinas Kesehatan, dan hak paten.

"Dulu awalnya dibungkus masih dalam plastik biasa. Tapi sekarang mulai dipasarkan dalam toples 90 gram dengan harga Rp 30 ribu dan kemasan isi ulang 80 gram dengan harga 25 ribu," jelas Zaitun.

Halaman
12
Penulis: Septrina Ayu Simanjorang
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved